Jumat 20 Jan 2017 11:30 WIB

Kemenag SBB Gelar Pertemuan Perdana Calhaj 2017

 Paspor Haji (ilustrasi)
Foto: Antara/Umarul Faruq
Paspor Haji (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, SERAM BAGIAN BARAT -- Pelaksanaan musim haji tahun 1438 H/2017 M telah dimulai. Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), khususnya Kementerian Agama Kabupaten SBB, sebagai penyelenggara teknis ibadah haji, akan selalu memberikan yang terbaik bagi para jamaah haji dengan memaksimalkan pelayanannya.

"Kemi dari tahun ke tahun terus melakukan perbaikan pelayanan. Untuk itu segala persiapan awal terus dlakukan. Salah satunya dengan memberikan pemahaman terkait penyelenggaraan ibadah haji ini," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Seram Bagian Barat La Fata SAg, kemarin.

Hal ini, kata dia, dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian dengan melakukan rapat pertemuan awal dan juga silaturahmi bersama 48 orang calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Seram Bagian Barat tahun 1438 H/2017 M. Adapun pertemuan bersama ke-48 orang CJH ini dalam rangka proses pembuatan paspor.

La Fata meminta, agar calhaj perlu meningkatkan kualitas ibadah dan memperbanyak amanah sunnah. Selain itu, calhaj juga harus tetap menjaga kesehatan serta pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi sehingga meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak gampang terserang penyakit yang akan menggangu pelaksanaan ibadah haji nantinya. "Serta yang paling penting adalah CJH perlu memelihara hubungan baik dengan sesame manusia dan lingkungan sekitar," ucap La Fata.

Sementara itu di kesempatan yang sama Kepala PHU H Djumadi Wali SAg dalam arahan teknis mengatakan, bahwa buku paspor adalah salah satu dokumen resmi yang wajib dimiliki calhaj. kata dia, proses pembuatan paspor ini dimulai dari verifikasi berkas berkas calhaj berupa KTP, KK, Akte Kelahiran dan buku nikah. Selanjutnya, calhaj mengisi formulir perdim 11 dari imigrasi yang tidak bisa di wakili selain jamaah datang sendiri.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement