Rabu 25 Jan 2017 14:37 WIB

Miqat Tempat Membulatkan Tekad Saat Haji

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agus Yulianto
Jamaah calon haji dari Madinah bergerak menuju Makkah dengan mengambil miqat di Masjid Dzulhulaifah, Bir Ali.
Foto: Irwan Kelana/Republika
Dr Briliantono M Soenarwo SpOT

Miqat mengingatkan dari mana asal kejadian manusia. Mereka berasal dari Tuhan yang satu, Allah Azza wa Jalla. Mereka bukanlah siapa-siapa di hadapan Allah SWT. Oleh karena itu, mereka harus tunduk dan patuh sepenuhnya hanya kepada Allah yang telah menciptakan mereka.

"Sebab suka atau tidak suka, ikhlas atau terpaksa, manusia akan kembali kepada Allah," ujarnya. Fakta tersebut berlaku baik mereka yang percaya akan adanya Allah SWT dan patuh kepada-Nya, yang percaya tapi tidak patuh, atau mereka yang menyembah selain Allah SWT, dan menganggap apa yang mereka sembah itu adalah tuhan yang hakiki. Bahkan juga terhadap mereka yang sama sekali tidak percaya akan adanya Allah. Mereka semua akan kembali kepada Allah Yang Maha Tunggal.

Membulatkan niat di miqat adalah kata lain dari tekad membara dan keinginan kuat untuk senantiasa melaksanakan apa yang Allah SWT perintahkan dengan sekuat tenaga, dan menjauhi apa yang Allah SWT larang.

Di miqat ini pula hati seorang hamba hanya terpaut kepada Dzat Yang Maha Tinggi dan Agung. Semua pautan yang akan memberatkan langkah kakinya dan mengganggu kemesraannya berdekat-dekat dengan Allah SWT harus tinggalkan.

Miqat adalah memancangkan niat, menghadirkan ketulusan dan keikhlasan. "Kalau selama ini mereka terlalu banyak berpura-pura, berbuat kebajikan dibarengi pretensi ingin dipuji atau dikenal orang, kali ini tidak bisa Iagi. Allah tidak bisa dibohongi," ujarnya.

Allah SWT mengetahui mana yang pura-pura, mana yang ikhlas. Miqat adalah tempat membulatkan tekad, sekaligus menanggalkan topeng yang menutupi wajah. Orang yang bertekad hanya akan menyembah Allah SWT adalah orang cerdas secara spiritual. Dia juga orang yang sehat hati, jiwa dan ruhaninya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement