Kamis 02 Feb 2017 06:48 WIB

Mengapa Orang Makassar Sangat Suka Umrah?

Jamaah umrah Madinah Royal yang merupakan salah satu program unggulan Madinah Iman Wisata.
Foto: Dok MIW
Jamaah umrah Madinah Royal yang merupakan salah satu program unggulan Madinah Iman Wisata.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Jamaah umrah Indonesia didominasi oleh orang Makassar. “Sekitar 60 persen jamaah umrah Indonesia adalah orang Makassar. Tiap hari ada sekitar 500 orang Makassar yang pergi menunaikan ibadah umrah,” ungkap Chief Executive Officer (CEO) Madinah Iman Wisata Nuryadin Yakub kepada Republika.co.id, Rabu (1/2/2017).

Mengapa orang Makassar sangat suka umrah? Menurut Nuryadin, karena  orang Makassar umumnya adalah pedagang. Umrah merupakan jalan atau wasilah adalah usaha bisnis mereka bertambah maju dan berkah.

“Orang Makassar umumnya adalah pedagang. Mereka menguasai bisnis di Indonesia Timur, tidak hanya di Pulau Sulawesi, tapi juga hingga Kalimantan, Maluku dan Papua,” ujar Nuryadin yang juga putra Makassar.

Nuryadin menambahkan, para pedagang itu ingin agar usahanya terus maju dan berkah dunia akhirat. “Orang Makassar sangat yakin  bahwa umrah merupakan jalan untuk mencari keberkahan dalam bisnisnya. Di samping nilai-nilai ibadah tentunya. Karena itu banyak sekali orang Makassar, terutama para pedagang, yang setiap tahun rutin menunaikan ibadah umrah,” papar Nuryadin.

Umrah tersebut, kata Nuryadin, merupakan wujud syukur kepada Allah atas segala rezeki yang diberikan kepada mereka. Juga menjadi ajang silaturahim dengan sesama pedagang. “Pulang umrah, mereka pun berbelanja banyak barang di Tanah Suci yang bisa dijual kembali di Tanah Air,” papar Nuryadin Yakub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement