Jumat 03 Feb 2017 18:13 WIB

Antrean Haji Kabupaten Indramayu 14 Tahun

Rep: Lilis Handayani/ Red:
Daftar Haji
Foto: Dok. Republika
Daftar Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, antrean untuk keberangkatan haji dari Kabupaten Indramayu mencapai 14 tahun."Antrean sudah sampai tahun 2031,’’ kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, Yayat Hidayat

 

Yayat mengungkapkan, panjangnya daftar tunggu keberangkatan haji di Kabupaten Indramayu dipengaruhi beberapa faktor. Di antaranya, semakin meningkatnya kesadaran umat Islam yang telah memiliki kemampuan terhadap rukun Islam kelima tersebut.

 

Tak hanya meningkatnya kesadaran berhaji, kata Yayat, panjangnya antrean calon jamaah haji  juga menunjukkan semakin membaiknya kondisi perekonomian masyarakat. Dia menyebutkan, para pendaftar haji itu sebagian besar berasal dari kalangan petani. Tingginya harga jual hasil pertanian, membuat tingkat kesejahteraan petani memang meningkat.

 

Salah seorang calon jamaah haji asal Kelurahan Margadadi, Kecamatan Indramayu, Wahyu, mengungkapkan, telah mendaftar haji sejak tiga tahun lalu. Dia mengatakan, bisa mendaftar haji setelah hasil panen padi yang diperolehnya selalu dihargai dengan mahal dalam beberapa tahun terakhir.

"Dengan adanya penambahan kuota, semoga antrean haji jadi bisa lebih cepat," kata Wahyu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement