Senin 27 Feb 2017 12:53 WIB

Kuota Haji Bertambah, Jamaah Sarolangun Sujud Syukur

Jamaah haji melakukan sujud syukur (Ilustrasi)
Foto: Antara/Umarul Faruq
Jamaah haji melakukan sujud syukur (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, SAROLANGUN -- Kementerian Agama tahun ini menetapkan bahwa kuota haji 1438 H / 2017 M sebesar 221 ribu. Ketetapan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 75 Tahun 2017 tentang Penentapan Kouta Haji Tahun 2017. Dampak penetapan kuota haji itu pun berimbas ke Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

Penambahan kouta haji ini jelas menjadi kegembirian tersendiri bagi JCH khususnya di Kabupaten Sarolangun. Salah seorang JCH asal Ladang Panjang M. Zubir dengan wajah sumringah menceritakan pengalamannya bahwa dengan adanya penambahan kouta haji, maka dirinya bisa berangkat tahun ini.

"Mendengar nama saya masuk sebagai JCH yang berangkat tahun ini dari staf haji Kemenag Kabupaten Sarolangun saya langsung bersujud syukur,"  ujar Zubir, Senin (27/2).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kebupaten Sarolangun Drs H Suleman MHI melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Drs H Ahmadi MPd mengatakan, dalam KMA yang ditandatangani Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada 9 februari 2017 lalu, disebutkan kouta haji untuk Provinsi Jambi musim 1438 H / 2017 M sejumlah 2.900 orang dan untuk TPHD sejumlah 19 orang sehingga jumlah keseluruhan 2.919 orang.

Dijelaskan Ahmadi, bila mengacu kepada pengalaman sebelumnya bahwa kouta Provinsi Jambi 2.600, maka tahun ini menjadi 2.900 sehingga ada kenaikan 300 orang dari kouta normal. Dengan adanya penambahan ini, maka Kabupaten Sarolangun mendapat tambahan 20 orang. "Ini akan bertambah lagi bila kouta tambahan telah dibagi kepada kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi," kata dia.

 

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement