Rabu 01 Mar 2017 19:15 WIB

Foto yang Diambil Tahun 1954 Ini Ceritakan Kondisi Ka'bah

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agus Yulianto
Ka'bah
Foto: dok.Istimewa
Ka'bah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Sebuah foto Ka'bah pada zaman dahulu mewarnai beberapa media Arab Saudi. Foto tersebut diambil pada 1954. Di dalamnya menunjukkan bahwa Masjidil Haram berbentu persegi panjang.

Area untuk thawaf serta pagar ditempatkan di sekitar masjid dan pintu Bani Shaibah. Seperti dikutp dari situs Alarabiya, peneliti urusan Dua Masjid Suci, Mohieddine Hashemi, mengatakan, payung yang dipasang di atas serambi Ottoman dilakukan atas perintah Raja Abdulaziz untuk melindungi jamaah dari matahari di siang hari.

Dalam foto tersebut juga terlihat empat bangunan terkenal dari Masjidil Haram. Keempatnya ada sejak sebelum renovasi. Dari beberapa bangunan yang ada pada saat itu, hanya beberapa yang dipertahankan yakni maqam Ibrahim dan sumur Zamzam.

Foto tersebut juga menunjukkan area tawaf dibagi menjadi dua daerah. Pertama, di dalam pagar yang mengeliling Kabah yang beraspal batu. Kedua daerahluar di sekitar pagar yang juga banyak terdapat batu.

 

Hashemi mengatakan, daerah berpasir seperti yang terdapat di foto memperlihatkan letak antara serambi Ottoman dan garis awal tempat empat bangunan suci tersebut berada. Dia mecatat, empat bangunan tersebut mewakili empat mazhab yang ada yakni Syafii, Hambali, Maliki, dan Hanafi.

Namun, empat bangunan tersebut telah dihilangkan sehingga semua Muslim dapat mengikuti bimbingan satu imam saja. Ini adalah perintah Raja Abdulaziz.

Rekaman pertama Masjidil Haram pertama kali diambil pada 1880. Rekaman di area Kabah tersebut memperlihatkan kegiatan thawaf 137 tahun lalu.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement