Kamis 02 Mar 2017 11:46 WIB

Kuota Haji Normal, Presiden Jokowi Apresiasi Raja Salman

Raja Salman (kiri) dan Presiden Joko Widodo.
Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Raja Salman (kiri) dan Presiden Joko Widodo.

IHRAM.CO.ID, BOGOR -- Kuota jemaah haji seluruh negara, mulai tahun ini, kembali normal, setelah dalam empat tahun terakhir mengalami pemotongan sebesar 20 persen karena adanya renovasi Masjidil Haram. Kuota Indonesia pun kembali menjadi 211 ribu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers usai pertemuan menerangkan, Presiden Joko Widodo secara khusus mengapresiasi pemerintah Arab Saudi terkait pengembalian kuota haji normal Indonesia sebesar 211 ribu jamaah. Jumlah tersebut belum termasuk penambahan kembali sebesar 10 ribu jamaah untuk tahun 2017 hingga berjumlah total 221 ribu jamaah.

"Presiden juga menitipkan warga negara Indonesia yang tinggal di Arab Saudi dan telah memberikan kontribusi dalam pembangunan di Arab Saudi agar mendapatkan pengayoman dan perlindungan dari yang mulia Raja Salman," kata Retno, Rabu (01/03).

Dalam pertemuan bilateral tersebut, sebanyak 11 nota kesepahaman berhasil dicapai dan ditandatangani. Salah satunya adalah penandatanganan nota kesepahaman di bidang urusan Islam oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Sheikh Saleh bin Abdulaziz Alash-Sheikh. Penandatanganan nota kesepahaman ini disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Raja Salman di Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Negara Urusan Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Nizar Bin Obaid Madani menyampaikan bahwa Raja Salman amat berbahagia dapat berkunjung ke Indonesia. Kunjungan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kerja sama bilateral kedua negara.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement