Rabu 08 Mar 2017 18:09 WIB

Lampung Bersiap Jadi Embarkasi Haji Penuh

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Agus Yulianto
Bandara Radin Inten II, Lampung
Foto: WIJANARKO.NET
Bandara Radin Inten II, Lampung

IHRAM.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersiap menjadikan Bandara Radin Inten II Branti sebagai embarkasi haji penuh tahun ini. Sejumlah prasarana dan sarana bandara dan asrama haji dilakukan revitalisasi, untuk memenuhi persyaratan pendukung embarkasi haji penuh.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam rangka mewujudkan Menurut dia, ICMI sebagai organisasi keislaman dapat berkontribusi dan berkoordinasi dengan Pemprov Lampung terkait pengembangan dan pemanfaatan sarana Islamic Center yang di Kota Bandar Lampung. i, Lampung ditetapkan sebagai bandara embarkasi haji penuh untuk keberangkatan haji  tahun ini. “Sarana dan prasaran pendukung tengah dilakukan revitalisasi, termasuk Islamic Center,” kata Ridho, seusai menerima pengurus ICMI Lampung, Rabu (8/3).

Kata dia, dalam mempersiapkan Bandara Radin Inten II menjadi bandara internasional dan embarkasi haji penuh, pihaknya terus berupaya melakukan revitalisasi terhadap sejumlah fasilitas pendukung termasuk sarana asrama hajinya. Saat ini, dia mengatakan, kuota calon jamaah haji Lampung terus meningkat setiap tahunnya.

Untuk itu pihaknya berupaya untuk memberikan kemudahan bagi para calon jamaah haji asal Lampung dengan pengembangan Bandara Radin Inten II menjadi bandara internasional dan embarkasi haji. Kata dia, dengan terwujudnya bandara internasional dan embarkasi haji penuh, maka calon jamaah haji asal Lampung dapat langsung terbang menuju Jeddah, tidak perlu transit lagi di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Selama ini, jamaah calon haji menginap di asrama haji Rajabasa Bandar Lampung lalu terbang ke Bandara Halim Perdanakusuma, dan bermalam di asrama haji Pondok Gede.  Namun, sejak Bandara Radin Inten II Branti menjadi bandara embarkasi haji antara beberapa tahun terakhir, terdapat kemudahan jamaah calon haji dari Lampung terbang ke Jakarta, transit sebentar lalu berangkat ke Jeddah.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Lampung, Bayana menjelaskan, dalam rangka meningkatkan pemanfaatan Islamic Center dan Asrama Haji Lampung, jajaran Pemerintah Provinsi Lampung telah menganggarkan dana di tahun 2017 untuk perbaikan gedung dan fasilitas islamic dan asrama haji. "Perbaikan sarana Islamic Center dan Asrama Haji Lampung dapat meningkatkan kenyamanan calon jamaah haji asal Lampung untuk menuju bandara embarkasi haji penuh,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement