Rabu 22 Mar 2017 09:54 WIB

Puskesmas Sukmajaya Depok Mulai Lakukan Pemeriksaan 50 Calon Jamaah Haji

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Agus Yulianto
Calon jamaah haji mengikuti pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Calon jamaah haji mengikuti pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, DEPOK -- Persiapan calon jamaah haji (calhaj) mulai dilakukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas (PKM) Kecamatan Sukmajaya, Depok. Tercatat sudah 50 orang calhaj asal Kota Depok melakukan pemeriksaan kesehatan. Kegiatan ini sebagai prosedur tetap bagi calhaj yang akan berangkat ke Tanah Suci.

Kepala UPT PKM Sukmajaya Sih Mahayanti menuturkan, pemeriksaan kesehatan sudah mulai dilakukan sejak pekan lalu di PKM Sukmajaya. Pemeriksaan dilakukan pihaknya sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

"Kami sudah mulai memeriksa sejak Sabtu kemarin, tergantung status calon jamaah haji itu, baik mandiri maupun yang dikoordinasikan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH)," ujar Sih di Puskesmas Sukmajaya, Depok, Rabu (22/3).

Sih mencatat, di PKM Sukmajaya sudah 50 calhaj yang melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan yang dilakukan, kata dia, di antaranya berupa berupa pemeriksaan fisik, laboratorium, rontgen, dan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG). Selain itu, calhaj juga diberikan vaksin meningitis untuk mencegah tertularnya virus meningitis.

Dia berharap, seluruh calhaj untuk segera melakukan pemeriksaan, mengingat pemeriksaan ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan bagi yang ingin berangkat ke tanah suci. "Calon jamaah haji itu harus sehat lahir dan batin, maka sangat diperlukan pemeriksaan kesehatan,"  tegas Sih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement