Rabu 12 Apr 2017 09:47 WIB

Bengkulu Berharap Dapat Menjadi Embarkasi Penuh

Rep: Marniati/ Red: Agus Yulianto
Bandara Fatmawati, Bengkulu
Foto: Antara
Bandara Fatmawati, Bengkulu

IHRAM.CO.ID, BENGKULU -- Tahun ini, sudah tahun kelima Provinsi Bengkulu menjadi embarkasi antara, dimana merupakan peningkatan dari asrama transit. Karena itu, Pemprov Bengkulu dan stakeholder terkait, tengah melakukan upaya agar Bengkulu dapat menjadi embarkasi penuh.

Ketua bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Zahdi Taher mengatakan, untuk menjadi embarkasi penuh, maka diperlukan tiga syarat. Pertama ketersedian asrama haji, bandara berkelas internasional dan pemberangkatan jamaah haji sebanyak 5.000 jamaah setiap tahunnya.

Menurutnya, saat ini, Provinsi Bengkulu baru memenuhi persyaratan pertama yakni tersedianya asrama haji yang baru saja diresmikan akhir Maret 2017 lalu. Asrama haji ini setara dengan hotel bintang tiga dengan jumlah kamar sebanyak 90 unit.

“Tinggal lagi yang paling berat itu bagaimana mengupayakan Bandara Fatmawati (Bandara Bengkulu) menjadi bandara berkelas internasional. Kedua bagaimana upaya Bengkulu agar bisa setiap tahun memberangkatkan jamaah minimal 5.000 orang. Sedangkan kita baru ada jamaah 1.641. Dua hal ini berat,” ujar Zahdi Taher saat ditemui di kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Selasa (11/4).

Menurutnya, untuk pembangunan bandara berkelas internasional, maka tidak bisa hanya mengandalan APBD provinsi Bengkulu. Sehingga, harus ada kontribusi swasta dan pihak angkasa pura. "Di sinilah peran pemerintah, dalam hal ini Dinas Perhubungan, untuk melakukan upaya agar dapat mewujudkannya," ucap dia.

Adapun untuk melengkapi kekurangan jumlah jamaah, Provinsi Bengkulu harus mencari jamaah dari provinsi tetangga yang siap bergabung ke Bengkulu. Sepertii kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Empat Lawang serta Lubuk Linggau. “Jika mereka bersedia bergabung ke Bengkulu tanpa merusak sisitem embarkasi Palembang yang tentu dilakukan melalui kesepakatan, sehingga mereka berkenan hajinya lewat Bengkulu. Jadi kalau begitu terpenuhlah syarat untuk jumlah jamaah,” katanya.

Dikatakan Zahid, jika status Provinsi Bengkulu telah menjadi embarkasi penuh, maka akan terjadi peningkatan pelayanan terhadap calon jamaah haji. Ini dikarenakan sacara otomatis semua fasilitas arama haji akan ditingkatkan. Selain itu,  pergerakan ekonmi provinsi Bengkulu juga akan mengalami peningkatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement