Senin 08 May 2017 20:15 WIB

Ini Persiapan Keamanan Dua Masjid Suci Saudi Sambut Ramadan

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agung Sasongko
Pembangunan Masjidil Haram, Makkah (ilustrasi)
Foto: ROL/Sadly Rachman
Pembangunan Masjidil Haram, Makkah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH -- Pemerintah Arab Saudi melakukan berbagai persiapan khususnya di area Tanah Suci menyambut bulan Ramadan 1438 Hijriyah. Kepala Urusan Dua Masjid Suci Syekh Abdurahman Al-Sudais mengatakan, para pemangku kepentingan telah memobilisasi semua potensi dan sumber daya untuk menjamin keamanan di dua masjid suci yakni Masjid Al-Haram dan Masjid Nabawi.

Dia mengatakan, dalam merencanakan sistem keamanan di Masjid Al-Haram, pihaknya akan bekerja sama dengan Pasukan Keamanan Khusus untuk Haji dan Umrah. Syekh Sudais pun telah bertemu dengan Komandan Pasukan Khusus untuk Haji dan Umrah Brigadir Jenderal Abdullah Al-Ghafees. Mereka membahas perkembangan keamanan terbaru di Masjidil Haram serta persiapan dan pengaturan selama Ramadaan.

Pertemuan tersebut juga merupakan buntut insiden yang terjadi di Masjidil Haram Jumat pekan lalu. Seorang pria yang diduga mengalami gangguan mental menyerang petugas keamanan dengan pisau di dalam masjid. Penusukan tersebut pun juga melukai beberapa orang yang ada di sana.

Juru bicara Pasukan Keamanan Khusus untuk Haji dan Umrah Mayor Sameh Al-Salmi mengatakan berdasarkan kamera pengawas pelaku berusia 30-an tahun itu berkeliaran di atap Masjidil Haram sejak shalat Subuh dimulai. Ketika petugas keamanan mendekatinya, orang tersebut malah menyerang mereka dengan pisau.

“Dia yang diduga menderita penyakit jiwa kemudian diamankan petugas,” kata Al-Salmi seperti dilansir dari Saudi Gazette, Ahad (7/5) waktu setempat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement