Rabu 10 May 2017 18:13 WIB

Makkah Luncurkan Indeks Evaluasi Layanan Haji dan Umrah

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agus Yulianto
Jamaah umrah sedang melakukan Sa'i di Masjidil Haram, Makkah (Ilustrasi)
Foto: ROL/Sadly Rachman
Jamaah umrah sedang melakukan Sa'i di Masjidil Haram, Makkah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Gubernur Makkah sekaligus Penasihat Urusan Dua Masjid Suci, Pangeran Khaled Al-Faisal, meluncurkan skema indeks penilaian kualitas untuk mengevaluasi kinerja departemen dan lembaga pemerintah. Khususnya, penilaian terkait layanan yang mereka berikan kepada warga Arab Saudi, jamaah haji dan umrah, serta pengunjung di Dua Masjid Suci yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Seperti dilansir dari Saudi Gazette baru-baru ini, Pangeran Khaled meminta warga berpartisipasi aktif mengevaluasi layanan yang diberikan oleh berbagai instansi pemerintah. Penilaian tersebut diyakini dapat memacu perbaikan kerja instansi pemerintah secara konsisten sesuai tujuan pemerintah dan aspirasi masyarakat.

Sebagai bagian dari skema ini, Saudi memasang sekitar 150 perangkat di kantor pemerintah. Perangkat tersebut bisa mencatat pendapat dan saran masyarakat. Ini merupakan langkah awal untuk memahami tingkat kepuasan masyarakat sebagai penerima manfaat dari layanan tersebut. Skema ini akan menyediakan basis data yang akan membantu staf pemerintah untuk mengetahui tingkat kepuasan dan reaksi masyarakat dari waktu ke waktu.

Indeks penilaian publik juga akan berkontribusi dalam pengambilan keputusan yang membantu memperbaiki layanan dan fasilitas kepada warga negara, ekspatriat, jamaah haji dan umrah, dan pengunjung ke negara tersebut.

Indeks akan tersedia dalam berbagai bahasa. Perangkat juga akan dipasang di titik masuk dan keluar Saudi untuk mencatat tingkat kepuasan orang-orang yang tiba dan meninggalkan negara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement