Rabu 24 May 2017 18:23 WIB

Pemerintah Saudi Janjikan Layanan Terbaik Bagi Jamaah Selama Ramadhan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Maman Sudiaman
Makkah
Foto: ROL/Didi Purwadi
Makkah

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Gubernur Makkah, Pangeran Khaled Al Faisal, telah menjanjikan pelayanan terbaik bagi jamaah dan pengunjung Masjidil Haram. Usai bertemu Wakil Gubernur Pangeran Bandar bin Abdullah, Gubernur sekaligus Komite Haji Tengah memastikan persiapan selama Ramadhan telah dibahas.

Dilansir dari Arab News, Rabu (24/5), Kementerian Haji mempresentasikan rencana operasional Ramadhan, termasuk pengembangan sistem otomatis di Bandara Internasonal King Abdulaziz. Operasional turut dilakukan di Pelabuhan Islam Jeddah demi mencatat kinerja, terutama untuk layanan umrah.

Proyek ini mencakup pembangunan ruang pemantauan daring (online) yang terhubung ke jaringan kontrol di Makkah dan Madinah. Selain itu, persiapan Ramadhan oleh Presidensi Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, meliputi pengawasan imam, pidato, koordinasi keamanan, serta keluar dan masuk jamaah.

Mereka akan membuka koridor di dalam Masjidil Haram, mengatur kursus ilmiah dalam bahasa syariah, sejarah, dan memastikan salinan dan terjemahan Alquran tersedia. Akan diawasi pula masalah kebersihan, perawatan, dan fasilitas masjid seperti penyediaan air zamzam.

Akan ada penjagaan di pintu masjid, penjagaan kendaraan serbaguna untuk orang-orang berkebutuhan khsuus secara gratis. Sedangkan, rencana Pemerintah Kota Makkah meliputi sistem kelola limbah, pengendalian serangga, dan memantau toko dan makanan yang diperjualbelikan.

Kota akan mengawasi pemeliharaan infrastruktur, seperti jalan, terowongan, penerangan, tempat parkir, toilet, taman umum, dan ruang hijau. Termasuk, peningkatan jumlah petugas kebersihan dan memperpanjang jam kerja, serta penyediaan tenaga kerja tambahan untuk situasi darurat.

Direktorat Urusan Kesehatan Makkah akan meningkatkan staf di pusat kesehatan Bandara King Abdulaziz 20 persen dan kampanyekan inokulas melawan penyakit menular. Bulan Sabit Merah Saudi (SRCS) bertujuan menyediakan layanan darurat medis secara cepat dan efektif.

Sementara, National Water Co menyediakan penyediaan air Zamzam dan perusahaan listrik akan memastikan pasokan listrik tanpa gangguan. Jadwal transportasi umum akan tersedia, dan kanopi khusus akan dialokasikan di koridor dengan bagian kendaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement