Rabu 07 Jun 2017 13:33 WIB

Palang Merah Operasikan Ambulans Motor di Masjidil Haram

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Ambulans disiagakan untuk mengevakuasi jamaah sakit dari Madinah ke Makkah (Ilustrasi)
Foto: Republika/Dewi Mardiani
Ambulans disiagakan untuk mengevakuasi jamaah sakit dari Madinah ke Makkah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH -- Otoritas Palang Merah Saudi (SRCA), telah memulai operasi ambulans motor di Makkah. Operasional itu dikhususkan untuk bulan suci Ramadhan.

Dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (7/6), operasional untuk ambulans motor sendiri dikhususkan di dekat Masjidil Haram. Juru bicara SRCA, Abdulaziz Badoman menuturkan, ambulans itu akan beroperasi selama Ramadhan dan musim haji. "Demi memastikan pasien dan mereka yang cedera mendapatkan akses cepat untuk pananganan medis," katanya.

Badoman mengatakan, kendaraan ini, akan merespons penanganan medis darurat lebih cepat dibandingkan ambulans mobil, terutama di tengah kemacetan. Ambulans akan memaksimalkan peluang hidup dari seseorang di dalam kondisi kritis.

Ambulans motor akan menyuplai pertolongan pertama dan tabung oksigen silinder kecil. Paramedis yang beroperasi di ambulans telah lebih dulu diberikan pelatihan, yang tujuannya agar bisa memberikan pertolongan dalam semua kasus. "Mereka dilatih untuk menangani pasien di lokasi sampai ambulans mobil dengan perlengkapan lengkap datang," ujar Badoman.

Dia menambahkan, ambulans motor akan beroperasi selama 24 jam penuh di sekitar Masjidil Haram. Paramedis sejauh ini sudah menangani 175 kasus, termasuk 44 kecelakaan lalu lintas, 20 kasus pernafasan, lima serangan jantung dan 106 kasus lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement