Senin 03 Jul 2017 06:41 WIB

69 Persen Peziarah Umrah Melalui Bandara Jeddah

Bandara Jeddah
Foto: Arab News
Bandara Jeddah

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah menerima sebagian besar kedatangan peziarah Umrah yang tiba dari luar negeri musim ini. Menurut statistik yang dikeluarkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, 69 persen peziarah melakukan perjalanan melalui bandara ini.

Kementerian tersebut mengatakan 6,75 juta visa umrah dikeluarkan pada musim ini, yang meningkat hampir 6 persen dibandingkan tahun lalu ketika 6,39 juta visa dikeluarkan.

Seperti dilansir Saudigazette.com, Menteri Haji dan Umrah Mohammed Saleh Banten mengatakan, pertumbuhan jumlah peziarah dan pengunjung sejalan dengan tujuan Saudi Vision 2030.

Laporan kementerian tersebut mengatakan bahwa kondisi ekonomi dan keamanan berkontribusi terhadap penurunan jumlah pemain beruang dari beberapa negara seperti Mesir, Turki dan Yordania.

Ada peningkatan jumlah peziarah Umrah dari Amerika Serikat, Jerman, Norwegia dan negara lainnya.

Orang Pakistan menduduki puncak daftar peziarah Umrah tahun ini dengan total 1.446.284, naik 45 persen dibanding tahun sebelumnya. Orang Indonesia menempati urutan kedua dengan 875.958 peziarah, yang merupakan kenaikan 25 dari tahun lalu. Orang-orang India datang berikutnya dengan 524.604 peziarah sementara 80.977 peziarah datang dari Bangladesh.

Sebanyak 264.878 visa umrah dikeluarkan untuk warga Irak, meningkat 58 persen dibanding tahun lalu.

Wakil Menteri di Kementerian Haji dan Umrah,  Mohammed Al-Klaiby, mengatakan tingkat hunian di hotel-hotel di Makkah dan Madinah sangat tinggi musim ini.

Dia mengatakan, ada kenaikan hunian 113 persen di hotel berbintang lima, sementara tingkat hunian hotel bintang empat naik 71,2 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement