Selasa 11 Jul 2017 02:29 WIB

7.074 Calhaj Asal Lampung Siap Berangkat

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Hazliansyah .
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sedang mendata paspor calon jamaah haji.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sedang mendata paspor calon jamaah haji. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Sebanyak 7.074 orang jamaah calon haji (calhaj) asal Provinsi Lampung siap berangkat ke Tanah Suci pada musim haji tahun 1438 H/2017. Dari jumlah tersebut, 7.020 orang jamaah calhaj murni, sedangkan 54 orang tim pemandu haji daerah (TPHD).

Keterangan yang diperoleh, Senin (10/7), kuota haji untuk Provinsi Lampung sebanyak 7.074 orang jamaah sudah terpenuhi setelah perpanjangan waktu pelunasan BPIH pada 2 Juni lalu. Jamaah calhaj yang melunasi berasal dari jamaah reguler dan cadangan.

Kepala Sub Bagian Humas dan KUB Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Lampung Istutiningsih mengatakan, persiapan penyelenggaraan keberangkatan jamaah calhaj asal Lampung terus ditingkatkan hingga waktu keberangkatan pada akhir Juli mendatang.

“Persiapan keberangkatan jamaah terus dilakukan, termasuk manasik,” kata Istutiningsih.

Menurut dia, Kanwil Kemenag masih mengurus visa haji jamaah setelah dilakukan pelunasan BPIH pada 2 Juni lalu.

Bagi jamaah calhaj yang sudah melunasi, akan mendapatkan berbagai fasilitas diantaranya, cek kesehatan akhir, tempat penginapan asrama haji, visa, living cost, dan gelang kloter. Jamaah calhaj akan mendapatkan gelang dengan teknologi barcode.

Untuk tahun ini selain ada gelang kloter identitas, ada gelang e-had atau gelang barcode. Ketika gelang itu di-scan maka akan keluar identitas data jamaah, asal negara, provinsi.

Ada juga gelang khusus untuk jamaah yang beresiko tinggi dalam kesehatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement