Selasa 25 Jul 2017 09:41 WIB

Pesan Kemenag pada Petugas Jamaah Haji Indonesia

Rep: Muhyiddin/ Red: Ilham Tirta
Sebanyak 299 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dilepas menuju Jeddah, Arab Saudi, Selasa pagi (25/7).
Foto: Ani Nursalikah/Republika
Sebanyak 299 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dilepas menuju Jeddah, Arab Saudi, Selasa pagi (25/7).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) menggelar acara pelepasan Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 1438 Hijriah di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/7). Sebanyak 299 petugas jamaah tersebut akan diberangkatkan melalui Bandara Soekarno Hatta pada pukul 11.50 WIB dengan menggunakan Pesawat Garuda.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nur Syam memberikan arahan kepada ratusan petugas haji tersebut. Setidaknya ada tiga pesan yang dititipkan oleh Sekjen Kemenag tersebut. Pertama, yaitu para jamaah diimbau untuk selalu menjaga kepribadian sebagai orang Indonesia.

 

"Di wilayah negara lain maka jadilah orang yang berkepribadian Indonesia. Lalu, menjaga sopan dan santun. Karena itu merupakan ciri khas dari jamah haji kita. Jangan karena berada di Tanah Suci saudara merasa lebih Arab dari orang Arab," ujarnya saat sambutan dalam upacara pelepasan petugas haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/7).

 

Kemudian yang kedua, kata dia, seluruh panitia juga harus menjaga kebersamaan. Karena dari kebersamaan itu maka akan menghasilkan sebuah keterpaduan antar petugas, serta terjalin kerja sama yang bagus di antara petugas dalam melayani jamaah haji. "Dengan bendera merah putih yang ada di kepala dan dada, maka itulah satu kesatuan," ucapnya.

 

Dalam pesan terakhirnya, Nur Syam berharap agar petugas haji juga dapat menjaga kualitas pelayanan haji. Karena berdasarkan hasil survei, tingkat pelayanan haji saat ini hampir mendekati angka sempurna. Karena itu, para petugas yang berangkat harus dapat menjaga mutu pelayanan jamaah haji.

 

"Pelayanan haji kita sangat memuaskan. Itu yang diharapkan pemerintah Indonesia. Maka sekali lagi saudara dapat menjaga mutu kualitas Indonesia. Jadi harus saling memperkuat antara satu dan lain," kata Nur Syam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement