Selasa 25 Jul 2017 11:11 WIB

Saudi Izinkan Jamaah Qatar Berangkat dari Doha

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Indira Rezkisari
Masjidil Haram Padat
Puluhan ribu jamaah haji dari berbagai negara memadati areal tawaf Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, Jumat (18/9). Menjelang wukuf, kondisi masjid terbesar di dunia ini semakin dipadati jamaah haji yang ingin beribadah di sana.


foto: EH Ismail
Foto: EH Ismail
Masjidil Haram Padat Puluhan ribu jamaah haji dari berbagai negara memadati areal tawaf Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, Jumat (18/9). Menjelang wukuf, kondisi masjid terbesar di dunia ini semakin dipadati jamaah haji yang ingin beribadah di sana. foto: EH Ismail

IHRAM.CO.ID, MANAMA -- Jamaah haji Qatar diperkenankan berangkat dari Ibu Kota Doha untuk menuju Arab Saudi. Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) telah mengonfirmasi izin penerbangan dari sana, baik langsung maupun transit.

Jamaah asal Qatar, baik warga negara maupun warga menetap bisa menggunakan penerbangan apa pun kecuali Qatar Airways. Kedatangan dan kepulangan bisa dilakukan baik dari bandara King Abdulaziz Airport Jeddah maupun bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz Madinah.

Dilansir Gulf News, GACA menyampaikan sejumlah perusahaan transportasi yang berbasis di Qatar akan segera menerima izin dari otoritas Saudi. Segala macam persiapan dokumen haji pun sedang dalam proses penyelesaian.

Belum jelas kapan jamaah haji Qatar akan tiba di Arab Saudi. Namun ini akan jadi yang pertama sejak kedua negara memutus hubungan diplomatik.

Hingga saat ini, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain masih menerapkan blokir lalu lintas udara, darat dan laut dari juga ke Qatar. Penerbangan haji kali ini merupakan pengecualian.

GACA telah menegaskan bahwa seluruh umat Muslim diterima di Saudi untuk melaksanakan ibadah haji, termasuk jamaah dari Qatar. "Muslim Qatar bisa melaksanakan umroh dan haji kapan pun," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement