Rabu 26 Jul 2017 14:36 WIB

116 Calon Haji Pariaman Berangkat 12 Agustus

Calon jamaah haji. (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Calon jamaah haji. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PARIAMAN -- Sebanyak 116 calon haji asal Kota Pariaman, Sumatera Barat, dijadwalkan berangkat pada 12 Agustus 2017 dengan kelompok terbang (kloter) 15. "Sebelum pemberangkatan pada 10 Agustus, para calon haji dilepas oleh wali kota," kata Pengadministrasian Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama setempat, Ori Sativa Syakban, Rabu (26/7).

Para calon haji terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan arahan oleh Kemenag dan kepala daerah sebelum menuju Embarkasi Padang, Tujuannya, agar para calon jamaah haji dapat menjaga kekompakan selama menjalankan Rukun Islam kelima tersebut. Para calon haji akan berangkat ke tanah suci Makkah bersama rombongan jamaah dari Kota Padang dan Kabupaten Padangpariaman.

Ia menjelaskan, pada awalnya ada 124 calon haji yang akan berangkat. Namun enam di antaranya pindah keberangkatan ke Kota Padang. "Enam jamaah pindah ke Kota Padang itu, dua orang mengundurkan diri karena sudah uzur dan tidak memiliki tenaga pendamping keluarga," ujar dia.

Ia menjelaskan, khusus enam jamaah haji yang pindah keberangkatan tersebut, tetap mendapatkan haknya seperti tas, paspor, manasik haji sebanyak 10 kali di Kemenag setempat. "Hak-hak mereka tetap kami penuhi, hanya saja tempat keberangkatannya yang berbeda," katanya.

Sementara itu, Jusmaniar (53 tahun), salah satu calon haji asal Kecamatan Pariaman Tengah menyebutkan, sudah siap secara fisik untuk berangkat pada jadwal yang ditetapkan. Ia bersama suami dan satu anak siap berangkat menunaikan rukun Islam ke lima tersebut. Ia dan dua anggota keluarga sudah menunggu keberangkatan haji sejak 2010.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement