Kamis 27 Jul 2017 15:52 WIB

388 Calhaj Kloter Pertama Embarkasi Medan Berangkat Besok

Rep: Issha Harruma/ Red: Ilham Tirta
Jamaah haji di embarkasi Medan. (ilustrasi).
Foto: Republika/ Amin Madani
Jamaah haji di embarkasi Medan. (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, MEDAN -- Sebanyak 388 calon jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi kota Medan akan diberangkatkan pada Jumat (28/7), besok. Mereka akan berangkat bersama lima petugas.

Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) 2017, Muslim mengatakan, para jemaah kloter pertama akan diterbangkan dengan maskapai Garuda Indonesia melalui Bandara Kualanamu, Deli Serdang, sekitar pukul 07.45 WIB, besok. Mereka telah masuk ke Asrama Haji Medan di Jalan Pangkalan Mahsyur, Medan Johor, Medan, pagi ini, Kamis (27/7).

"Kloter pertama adalah jamaah haji kota Medan terdiri dari 393 orang, termasuk petugas. Insya Allah besok pagi akan kami berangkatkan menuju Bandara Kualanamu sekitar pukul 04.45 WIB," kata Muslim, Kamis (27/7).

Muslim menyebutkan, ada 22 kloter dan 8.356 calon jemaah haji asal Sumatra Utara. Menurut dia, berbagai persiapan untuk para calon jemaah sudah baik karena dilakukan sejak jauh hari. "Kesiapan untuk kloter pertama sebenarnya sudah cukup bagus, sesuai dengan persiapan kami selama ini," ujar dia.

Wakil Kepala Bidang Kesehatan Haji PPIH Embarkasi Medan, Aulianto mengatakan, setelah masuk asrama, para calon jemaah haji akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. Di antaranya, pemeriksaan tekanan dan kadar gula darah, tes kehamilan untuk calon jemaah perempuan berusia subur dan tes psikologi untuk calon jemaah haji berusia lanjut.

Menurut Aulianto, serangkaian pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk memastikan para calon jemaah layak terbang. "Bagi yang tidak layak akan kami rujuk ke rumah sakit dan keberangkatannya kami tunda sementara. Sementara calon jemaah yang hamil, terpaksa kita batalkan keberangkatannya," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement