Ahad 30 Jul 2017 08:01 WIB

Travel Arab Saudi Mulai Gunakan Pendaftaran Haji On Line

Pos pemeriksaan imigrasi Al-Shimaisi di perbatasan kota Jeddah dan Makkah.
Foto: AP/Amr Nabil
Pos pemeriksaan imigrasi Al-Shimaisi di perbatasan kota Jeddah dan Makkah.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH - Beberapa perusahaan jasa peziarah haji Arab Suadi bersikeras agar calon jamaah haji perempuan harus disertai mahramnya ketika mendaftar melalui gerbang elektronik Kementerian Haji dan. Padahal hal itu tidak perlu dilakukan karena ini pendaftarannya bukan lagi manual.

E-portal untuk pendaftaran peziarah domestik Arab Suadi ini mlai dibuka pada pukul 8 pagi hari Senin (31/8).

"Sejak portal dibuka mereka sudah sangat ramai. Seperti setiap tahun, kampanye haji ini bertujuan untuk menjadi makin terjangkau. Harga per orang berkisar antara SR3,500 sampai SR5.000, "kata Saad Al-Qurashi, anggota eksekutif Kamar Dagang dan Industri Makkah.

Dia mengatakan hanya 20 persen peziarah Saudi mendaftar untuk kampanye dengan biaya rendah. Sebagian besar dari mereka lebih suka mendaftar di kampanye seharga SR7.000 karena layanan yang lebih baik ditawarkan.

"Membutuhkan seorang mahram untuk peziarah wanita adalah kebijakan beberapa perusahaan. Namun tidak semua perusahaan jasa haji. mendaftar melalui portal sederhana dan mudah diikuti. Untuk itu, Kementerian Haji telah memposting sebuah video di YouTube yang menunjukkan bagaimana pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang diperlukan untuk mendaftarkan diri dalam kampanye haji, "kata Al-Qurashi.

Ia menambahkan video hanya dua menit dan 46 detik. "Pengguna harus menentukan jenis program haji yang mereka inginkan, jumlah peziarah, kota asal, pembayaran di muka atau pembayaran di muka, paket haji, informasi kontak dan layanan tambahan," kata Al-Qurashi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement