Senin 31 Jul 2017 14:51 WIB

Bank Syariah Mandiri Siapkan 25 Juta SAR untuk Jamaah Haji

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Agus Yulianto
Calon jamaah haji kloter 28 asal Cilegon, Banten membeli uang Riyal di konter resmi penjualan Riyal Bank Syariah Mandiri (BSM) di Asramah Haji Pondok Gede Jakarta Timur, Jumat (26/8).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Calon jamaah haji kloter 28 asal Cilegon, Banten membeli uang Riyal di konter resmi penjualan Riyal Bank Syariah Mandiri (BSM) di Asramah Haji Pondok Gede Jakarta Timur, Jumat (26/8).

IHRAM.CO.ID, IHRAM.CO.ID, JAKARTA - Bank Syariah Mandiri (BSM) menyediakan lebih dari 25 juta banknotes Saudi Arabian Riyal (SAR) untuk layanan penukaran di dua belas embarkasi haji. Jumlah tersebut naik 47 persen dibandingkan nilai SAR yang ditukarkan di BSM pada 2016 lalu.

Dua belas embarkasi haji yang terdapat loket BSM untuk melayani penukaran SAR yaitu Jakarta Pondok Gede, Solo, Surabaya, Makassar, Batam, Aceh, Medan, Padang, Palembang, Banjarmasin, Lombok dan Balikpapan. Selain loket penukaran SAR di embarkasi tersebut, BSM melayani penukaran hampir di seluruh outlet BSM di seluruh Indonesia.

Direktur Wholesale Banking, Kusman Yandi menyampaikan, tahun ini, BSM menyediakan lebih dari 25j uta SAR, tumbuh sekitar 47 persen dari tahun lalu yang sebesar 17 juta SAR. "Alhamdullilah, penjualan riyal BSM tahun 2016 tercatat sangat baik. Tahun ini kami antisipasi kenaikan jumlah penjualan dengan ketersediaan SAR yang lebih banyak yaitu 25 juta SAR," ujar Yandi, Senin (31/7).

Sebanyak 12 loket penukaran uang tersebut diharapkan mempermudah kebutuhan nasabah terkait valuta asing berupa SAR menjelang berangkat haji ke Tanah Suci. Khusus loket penukaran di embarkasi, BSM menyediakan banknotes dengan sistem bundling terdiri dari pecahan 1, 5, 10 dan 50. Berbagai pecahan tersebut dapat digunakan jamaah haji untuk membeli makanan, minuman, dan kebutuhan sehari-hari selama di Tanah Suci.

BSM juga memberikan kesempatan kepada travel haji dan umrah untuk menjadi counter part penyedia banknotes Riyal untuk jemaah haji dan umrah. Saat ini BSM dikenal pasar sebagai bank penyedia Riyal dengan outletter banyak dan terlengkap dalam penyediaan pecahan mulai dari 1 hingga 500 SAR.

"Penjualan banknotes SAR ini diharapkan dapat meningkatkan bisnistreasury sehingga bisa mendongkrak pendapatan berbasis komisi (fee based income)," kata Yandi.

Adapun jumlah jamaah haji yang mendaftar melalui BSM dan tahun ini akan berangkat sekitar 83.206 dari total 201.437 calon jamaah haji Indonesia. Dengan jumlah calon jamaah haji yang sangat besar tersebut, serta jumlah jaringan outlet yang tersebar di Indonesia, BSM optimis dapat meningkatkan jumlah penjualan SAR tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement