Senin 31 Jul 2017 15:51 WIB

3 Agustus Calhaj Sumsel Kloter Pertama Masuk Asrama

Salah satu calon haji embarkasi Palembang mengenakan masker sebagai salah satu perbekalan kesehatan jemaah haji di Aula Asrama Haji Palembang, Sumsel (Ilustrasi)
Foto: Antara/Feny Selly
Salah satu calon haji embarkasi Palembang mengenakan masker sebagai salah satu perbekalan kesehatan jemaah haji di Aula Asrama Haji Palembang, Sumsel (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG -- Hampir seluruh embarkasi haji di Indonesia sudah melepas calon jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama sejak pekan lalu. Embarkasi haji Palembang baru akan melepas calon jamaah haji Sumatera Selatan (Sumsel) yang tergabung dalam kloter pertama, pada pekan ini.

"Insya Allah 3 Agustus nanti embarkasi Palembang siap menerima kedatangan calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter pertama. Keesokan harinya, 4 Agustus, kloter pertama akan dilepas Gubernur Sumsel dan selanjutnya berangkat ke Tanah Suci dari Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju bandara internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz di Madinah," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumsel HM Alfajri Zabidi, Senin (31/7).

Menurut Alfajri Zabidi, persiapan keberangkatan para calhaj musim haji 2017 asal Sumsel melalui embarkasi Palembang berjalan sesuai yang diharapkan. Persiapan panitia pemberangkatan embarkasi Palembang sudah mendekati 100 persen.

"Setiap satuan yang tergabung dalam PPIH dan Gubernur Sumsel selaku koordinator dan Kakanwil Kemenag Sumsel selaku kepala staf, telah melakukan koorinasi mulai dari kesehatan pelabuhan, imigrasi, dan keamanan sudah siap," ujarnya.

Pada musim haji 2017 calhaj Sumsel berjumlah 7.035 orang yang terdiri dari 6.988 orang calon jamaah haji dan 47 orang tim pemandu haji daerah (TPHD). Calon jamaah asal Sumsel tersebut terbagi dalam 17 kloter dari 19 kloter yang akan berangkat dari embarkasi Palembang. Dua kloter lainnya adalah calon jamaah haji dari Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Kakanwil Kemenag Sumsel menambahkan, untuk kloter pertama akan diberangkat dengan pesawat Saudi Arabian Airlines 450 orang calon jemaah haji termasuk lima orang petugas TPHD yang terdiri dari dokter, tenaga medis dan petugas haji. Calhaj kloter pertama Sumsel tersebut berasal dari Kabupaten Lahat sebanyak 217 orang, dari Kota Pagaralam sebanyak 107 orang kemudian dari KBIH Al Ghazali 61 orang, KBIH An Nur 60 orang dan dua orang calon jamaah haji mandiri.

Khusus embarkasi Palembang, pada musim haji 2017, akan memberangkatkan calhaj dari dua provinsi yaitu Sumsel dan Bangka Belitung sebanyak 8.104 orang. Calon jamaah tersebut akan diterbangkan dalam 19 kloter.

Dari jumlah 8.104 tersebut calon jamaah haji tersebut, sebanyak 7.035 jamaah berasal dari Sumsel yang terdiri dari 6.988 orang calon jamaah haji dan 47 orang tim pemandu haji daerah (TPHD). Sisanya dari Provinsi Bangka Belitung sebanyak 1.069 orang calon jamaah haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement