Senin 31 Jul 2017 20:51 WIB

Hotel Al Keswah Makkah Tampung 21.801 Jamaah

Kepala PPIH Daker Makkah, Nasrullah Jasam (kanan), menghadiri acara simbolik penyerahan kunci Hotel Al Keswah bagi jamaah haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi, Ahad (30/7).
Foto: Republika/Nashih Nasrullah
Kepala PPIH Daker Makkah, Nasrullah Jasam (kanan), menghadiri acara simbolik penyerahan kunci Hotel Al Keswah bagi jamaah haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi, Ahad (30/7).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Hotel Al Keswah akan menampung 21.801 jamaah haji di Makkah.  Ada sebanyak 5.568 kunci kamar yang diserahkan manajemen Al Keswah Towers Hotel kepada PPIH Daker Makkah yang terbagi dalam lima tower.

Kepala PPIH Daker Makkah Nasrullah Jasam mengatakan, Al Keswah ini adalah hotel dengan kapasitas terbesar untuk jamaah haji Indonesia. Jaraknya paling dekat dari Masjid al-Haram hanya sekitar 900 meter. Sebagai konsekuensinya, panitia tidak menyediakan bis antar-jemput (shalawat) bagi jamaah yang tinggal di hotel ini.

Nasrullah menjelaskan sesuai kontrak, pernjanjian antara Kantor Urusan Haji Indonesia den pemilik hotel, serah terima kunci sebenarnya dilakukan pada H-5 sebelum kedatangan kloter pertama dari Madinah. Tapi, manajemen Al Keswah Towers Hotel telah siap dan menyerahkan kunci kamar.

Dengan penyerahan kunci ini, berarti pengelola hotel sudah mempersiapkan kamar-kamar dan fasilitas pendukungnya agar dapat digunakan jemaah. Ini tentu sesuai standar yang ditelah disepakati dalam kontrak kerja.

"Mereka (Al Keswah) sudah siap tujuh hari sebelum jemaah datang,” kata dia usai penyerahan kunci Hotel Al Keswah, seperti dilaporkan Wartawan Republika.co.id, Nasih Nasrullah, Ahad, (30/7). Dia juga meyakinkan dua hari lagi, seluruh pemilik yang hotel digunakan jemaah haji harus menyerahkan kunci kamar mereka.

Lebih lanjut, Nasrullah memastikan, variasi dan kualitas hotel sudah sesuai dengan standar minimal yang ditetapkan PPIH. Di antaranya adalah ketersediaan fasilitas hotel yang memadai dan keberadaan fasilitas pendukung seperti mushala dan ruang makan yang cukup. “Semua (hotel) dipastikan memenuhi standar minimal,” kata dia.  

Director Guest Service Hotel Al Keswah, Jamal Sufi Ismail memastikan, akan memberi pelayanan yang maksimal kepada jamaah haji Indonesia. Seluruh fasilitas dalam hotel telah dicek dan dapat digunakan jamaah.

Menurut Jamal, pihak manajeman menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung yang memudahkan jamaah haji Indonesia. Di antaranya, fasilitas mesin cuci gratis, air minum dispenser dengan pilihan air panas dan dingin, serta jemuran yang memadai. “Hal ini semata memberikan kenyamanan bagi para jamaah,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement