Selasa 01 Aug 2017 15:18 WIB

Jamaah Iran Disambut Hangat Saudi

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agus Yulianto
Jamaah calon haji usai mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah (Ilustrasi)
Foto: youtube
Jamaah calon haji usai mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MANAMA -- Calon jamaah haji Iran diterima dengan hangat di Arab Saudi. Dilansir kantor berita Islamic Republic News Agency (IRNA), para jamaah diberi karangan bunga dan kurma segar setibanya di bandara.

Penerbangan pertama dari Iran tiba di bandara Madinah pada Senin (31/7) dan disambut oleh otoritas haji Iran juga Saudi. Direktur Perencanaan dan Pelepasan jamaah Organisasi Haji Iran, Kamran Akbari mengatakan, ada 335 penerbangan haji untuk tahun ini.

"Sebanyak 179 penerbangan akan tiba di Madinah dan 156 penerbangan lainnya mendarat di Jeddah," kata dia dilansir kantor berita Zawya. Tahun ini ada 86.500 warga Iran yang akan menunaikan ibadah haji.

Sebanyak 230 staf haji Iran sudah tiba sejak Kamis pekan lalu, untuk mempersiapkan keperluan jamaah. Tahun ini adalah pertama kalinya Iran mengirim kembali jamaah haji setelah boikot dan pemutusan hubungan diplomatik.

Menurut Direktur Irans Haj and Pilgrimage Organisation, Nasrollah Farahmand, akan ada sekitar 800 panitia haji yang ikut membantu ibadah jamaah. Dilansir Dawn, Pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei memperingatkan agar Saudi memastikan keamanan jamaah.

"Hal serius dan tetap bagi Iran adalah keamanan, martabat, kesejahteraan dan kenyamanan semua jamaah, terutama jamaah Iran," kata Khamenei. Menurutnya, ini adalah kewajiban negara tempat dua masjid suci umat Islam berada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement