Selasa 01 Aug 2017 17:45 WIB

Sudah 5.600 Visa Calhaj Sumsel Selesai

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto
Calon jamaah Haji kloter pertama embarkasi menanti giliran pembagian gelang dan paspor di Asrama Haji Palembang, Sumsel, Selasa (9/8).
Foto: Antara/Feny Selly
Calon jamaah Haji kloter pertama embarkasi menanti giliran pembagian gelang dan paspor di Asrama Haji Palembang, Sumsel, Selasa (9/8).

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG -- Menjelang keberangkatan calon jamaah haji (calhaj) asal Sumatera Selatan (Sumsel), persiapan keberangkatan di asrama haji Palembang yang sudah siap. Demikian pula kelengkapan administrasi calon jamaah haji seperti visa, juga sudah siap.

“Dari 7.035 calon jamaah haji asal Sumsel, sampai kini sudah lebih dari 5.600 visa calon jamaah yang selesai. Untuk kloter pertama embarkasi Palembang yang akan berangkat pada 4 Agustus 2017 visanya sudah siap,” kata Kasubbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumsel Saefudin Latif, Selasa (1/8).

Menurut Saefudin Latif, calon jamaah haji Sumsel yang tergabung dalam kloter pertama berjumlah 450 orang termasuk lima orang petugas TPHD yang terdiri dari dokter, tenaga medis dan petugas haji.

Saefudin Latif optimis visa bagi calo jamaah haji asal Sumsel lainnya akan selesai dalam beberapa hari ke depan. Untuk embarkasi Palembang akan memberangkatkan 8.104 orang calon jamaah haji yang tergabung dalam 19 kloter dan akan diangkut dengan pesawat maskapai Saudi Arabian Airlines dari bandara intenasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

Embarkasi Palembang akan memberangkatkan calon jamaah haji dari dua provinsi, yaitu dari Sumatera Selatan sebanyak 7.035 jamaah yang terdiri dari 6.988 orang calon jamaah haji dan 47 orang tim pemandu haji daerah (TPHD). Sisanya dari Provinsi Bangka Belitung (Babel) sebanyak 1.069 orang calon jamaah haji.

“Calon jamaah haji asal Sumsel terbagi dalam 17 kloter dan dari Provinsi Bangka Belitung sebanyak dua kloter. Keberangkatannya akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama terdiri dari delapan kloter mulai 4 Agustus – 11 Agustus 2017. Kemudian gelombang kedua sebanyak 11 kloter berangkat pada 12 Agustus – 24 Agustus 2017,” ujar Saefudin Latif.

Khusus kloter 19 embarkasi Palembang, Saefudin Latif menambahkan, berjumlah 106 orang calon jamaah haji dan akan bergabung dengan calon jamaah haji dari embarkasi Batam. “Kloter 19 akan terbang dari bandara SMB menuju bandara Hang Nadim untuk menjemput calon jamaah haji embarkasi Batam,” katanya.

Sementara menurut Ferry Munandar pimpinan KBIH Miftahussalam, pihaknya belum mendapat informasi tentang visa jamaah. Informasinya ada di Kantor Kementerian Agama Sumsel. "Kami optimis visa tidak akan jadi masalah karena jamaah KBIH Miftahussalam akan berangkat pada gelombang kedua. Kami tergabung dalam kloter 15 dan akan berangkat pada 20 Agustus 2017,” ujarnya.

Kloter 15 embarkasi Palembang akan masuk asrama haji pada 19 Agustus 2017 lalu berangkat 20Agustus 2017. Kloter ini berjumlah 450 orang terdiri dari calon jamaah haji dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur sebanyak 318 jamaah, KBIH Miftahussalam 126 jamaah dan satu orang jamaah mandiri ditambah lima orang dokter, tenaga medis dan petugas haji.

“Jamaah KBIH Miftahussalam yang tergabung dalam kloter 15 selama di Makkah akan menempati pemondokan maktab 52 di kawasan Jarwal,” kata Ferry Munandar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement