Kamis 10 Aug 2017 12:35 WIB

9.000 Jamaah Haji Oman Siap Berangkat 16 Agustus

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Dwi Murdaningsih
Kakbah, kiblat sholat umat Islam dari seluruh dunia
Foto: Republika
Kakbah, kiblat sholat umat Islam dari seluruh dunia

IHRAM.CO.ID, MUSCAT -- Sebanyak 9.000 jamaah haji Oman siap berangkat dalam gelombang pertama penerbangan pada 19 Agustus mendatang. Dilansir Oman Tribune, Kamis (10/8), tahun ini, Oman mengirimkan sekitar 14 ribu jamaah haji.

Kepala Misi Haji Oman 1438H/2017, Sheikh Sultan bin Said Al Hinai mengatakan segala persiapan terkait prosedur perjalanan telah rampung. Registrasi jamaah dilakukan secara elektronik dan kartu bukti tanda haji akan diberikan saat mereka masuk asrama sebelum keberangkatan.

Pekan ini, data-data jamaah akan masuk ke Saudi Haj Portal melalui perusahaan pelaksana haji Oman. Izin akan diperoleh kemudian. Izin masuk Saudi ini juga meliputi segala kebutuhan jamaah selama di Tanah Suci.

Seperti paket layanan apa yang mereka terima baik di Mekkah maupun Madinah. Tim misi haji juga dikirim ke kedua tempat suci umat Islam ini untuk mengurus segala keperluan jamaah.

Sebanyak 14 ribu jamaah Oman bernaung di bawah 66 perusahaan haji. Al Hinai menyampaikan masih ada jamaah yang belum menyelesaikan registrasinya namun jumlahnya tidak signifikan.

"Departemen terkait sedang mengurus kandidat jamaah pengganti bagi yang akhirnya tidak hadir," kata dia. Pengajuan haji mereka diproses dengan lebih cepat untuk memenuhi kuota keberangkatan.

Sebelumnya di awal Juli lalu, pemerintah Oman menerima sebanyak 23.490 pengajuan haji. Namun tidak semua bisa berangkat karena Saudi hanya menyetujui kuota untuk 14 ribu jamaah.

Pemerintah kemudian merinci, 13.428 adalah kuota untuk sipil Oman, 736 untuk pejabat dan militer, 300 untuk warga Arab di Oman dan 262 untuk warga non-Arab di Oman. Jumlah ini dibagi berdasarkan data statistik nasional populasi 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement