Ahad 03 Sep 2017 09:12 WIB

Tiga Jamaah Haji Bengkulu Wafat di Makkah

Jamaah haji wafat (ilustrasi).
Foto: Antara/ca
Jamaah haji wafat (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, BENGKULU -- Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menginformasikan hingga Ahad (3/9), tiga jamaah haji setempat meninggal dunia di Mekkah.  Kepala Sub Bagian Humas Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Rolly Gunawan di Bengkulu, Minggu, menyebutkan, tiga jemaah ini berasal dari Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Tengah, dan Kaur.

"Mukomuko atas nama M Jafri Muin, 78 tahun, tergabung dengan Kelompok terbang delapan Sumatera Barat, almarhum diagnosa respiratory disease, dan meninggal Jumat pagi waktu setempat, 1 September 2017," kata dia.

Selanjutnya, jemaah asal Kabupaten Bengkulu Tengah yang tergabung dalam kloter tiga Sumatera Barat atas nama Ny Nurma Waty Syahbudin (61), almarhumah meninggal Jumat sore sekira pukul 16.05 waktu Arab Saudi.  "Pada sore kemarin pukul 14.50 waktu Arab Saudi, Sabtu, kami kembali mendapatkan informasi jamaah asal Kabupaten Kaur atas nama Muslim meninggal dunia, didiagnosa penyakit jantung," kata dia lagi.

Selain itu, menurutnya, ada beberapa jamaah haji asal Bengkulu yang mendapatkan perawatan kesehatan karena penurunan kondisi fisik.  "Rata-rata keluhannya dehidrasi dan kondisi fisik melemah karena penyesuaian cuaca yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan di Bengkulu," ucapnya.

Dia mengimbau, agar jamaah haji setempat membiasakan memperbanyak konsumsi air mineral agar dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh, karena tubuh mudah kehilangan cairan akibat cuaca panas di Arab Saudi. Hal terpenting lainnya lanjut Rolly, jamaah diharapkan agar tidak memaksakan diri dalam beribadah, dan lebih memperhatikan kondisi tubuh.

"Kalau keluarga ada yang menelepon jemaah haji, mohon sampaikan agar perbanyak minum air putih dan banyak beristirahat," katanya pula.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement