Rabu 06 Sep 2017 11:48 WIB

Musim Haji Usai, Jamaah Mulai Perjalanan Pulang

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agus Yulianto
Jamaah haji melakukan tawaf wada (Ilustrasi)
Foto: Reuters/Amr Abdallah Dalsh
Jamaah haji melakukan tawaf wada (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JEDDAH - Setelah berhasil menyelesaikan ritual haji, para jamaah mulai meninggalkan situs-situs suci. Mereka kembali baik ke Makkah, Madinah atau rumahnya masing-asing.

Dilansir Saudi Gazette, Rabu (5/9), sebanyak 48 penerbangan yang membawa 15 ribu jamaah domestik pulang sejak Senin. Mereka menuju berbagai tujuan di Saudi termasuk Riyadh, Dammam, Qassim, Tabuk, Abha dan lainnya.

Sementara 64 penerbangan internasional berangkat sejak Selasa ke sejumlah negara di seluruh dunia. Para peziarah internasional iniberangkat dari Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah (KAIA) dan Bandara Internasional Prince Muhammad Bin Abdul Aziz di Madinah.

Semua 14 lounge Terminal Haji di KAIA telah berubah menjadi fasilitas kepulangan. Ada lebih dari 13 ribu orang staf dari 27 badan pemerintah dan sektor swasta yang memberikan pelayanan terakhir sebelum jamaah pulang.

Direktur Jenderal Departemen Paspor (Jawazat), Mayjen Solaiman Al-Yahya pun memantau kepulangan para jamaah di KAIA. Sekitar 800 ribu jamaah masih akan menetap Madinah dalam beberapa hari mendatang.

Mereka akan menyelesaikan ibadah untuk memberi hormat kepada Nabi Muhammad SAW dan berdoa di masjidnya. Sejumlah besar jamaah sudah mengunjungi Madinah terlebih dahulu sebelum haji, terutama mereka yang telah tiba di awal Saudi.

Madinah telah mempersiapkan diri untuk menyambut para Tamu Allah ini pascahaji. Otoritas pemerintah dan badan-badan sektor swasta terkait pelayanan memastikan dua kali lipat upaya untuk membuat mereka betah tinggal di kota Nabi Muhammad SAW tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement