Rabu 06 Sep 2017 12:00 WIB

Kloter Pertama Medan Tiba Hari Ini di Tanah Air

Jamaah haji MES I bersiap menuju King Abdul Aziz Internasional Airport untuk diberangkatkan menuju Tanah Air
Foto: Republika/Nashih Nashrullah
Jamaah haji MES I bersiap menuju King Abdul Aziz Internasional Airport untuk diberangkatkan menuju Tanah Air

IHRAM.CO.ID, MAKKAH— Kloter Pertama Embarkasi Medan (MES  I) berangkat menuju Tanah Air dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Rabu (6/9) dini hari waktu Arab Saudi. 

Sebanyak 393 jamaah haji MES I dijadwalkan akan terbang dari King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah pada pukul 11.00 WAS dan diperkirakan tiba di Medan pukul 23.35 WIB.

Seremonial pelepasan digelar di Hotel Rawabi Mina sektor enam (608) wilayah Syisyah, Makkah, jam 01.00 waktu Arab Saudi (WAS). Hadir dalam pelepasan itu, Dubes LBBP RI untuk Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Dirjen PHU Kemenag Nizar Ali beserta jajarannya.       

Nizar Ali menyampaikan rasa syukur atas sukses penyelenggaraan haji 1438 H, sejak dari tahap pemberangkatan, prosesi puncak haji, hingga pelepasan kloter pertama. 

Dia berterima kasih kepada jamaah atas nama Kemenag serta jajaran lintas kementerian yang telah tertib dan rapi, mematuhi ketentuan dan arahan petugas haji, baik kloter maupun nonkloter. 

“Ini juga yang menjadikan penyelenggaraan terlaksana dengan baik,” kata dia seperti dilaporkan wartawan Republika.co.id, Nashih Nashrullah dari Makkah Arab Saudi. 

Dia mengatakan, seluruh daya dan upaya sudah dikerahkan untuk melayani jamaah. Namun demikian, Nizar mengaku kalau masih ada sejumlah kekurangan. 

Catatan yang masuk, antara lain terkait tenda Mina yang padat karena kembalinya kuota normal sementara jumlah tenda terbatas. Juga terkait konsumsi, akomodasi, dan transportasi. 

“Jika ada kekurangan, kami menyampaikan permohonan maaf,” kata dia. Dia menambahkan, perbaikan akan terus dilakukan ke depan.   

Nizar mendoakan jamaah haji Indonesia mendapatkan haji mabrur dan balasan surga. Hal itu, menurutnya ditandai dengan adanya perubahan kehidupan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, baik dari sisi individual maupun sosial.

Dia berpesan agar jamaah haji tetap menjaga dan memelihara kemabruran haji ketika sampai di Tanah Air. Nizar juga mengajak jamaah untuk mendoakan kebaikan bagi umat Muslim dunia, dan khususnya Rohingya. 

“Selamat jalan, semoga perjalanan berjalan lancar, mudah, dan selamat sampai Tanah Air untuk berkumpul dengan keluarga,” kata dia. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement