Rabu 06 Sep 2017 12:25 WIB

Asrama Haji Jakarta Siap Sambut Kedatangan Jamaah Haji

Rep: Fuji EP/ Red: Endro Yuwanto
 Suasana saat jamaah haji Indonesia akan melontar jumrah Aqabah, Jumat (1/9)
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Suasana saat jamaah haji Indonesia akan melontar jumrah Aqabah, Jumat (1/9)

IHRAM.CO.ID,

JAKARTA -- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede Jakarta telah siap menyambut kedatangan jamaah haji dari Arab Saudi pada Kamis (6/9) dini hari WIB nanti. Sesuai jadwal, kloter pertama jamaah haji akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada pukul 02.00 WIB.

"Intinya kami sudah siap 100 persen, kami sudah persiapkan untuk kedatangan jamaah haji di Gedung Serba Guna 2," kata Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Jakarta, Dasrul El Hakim kepada Republika.co.id, Rabu (6/9).

Dasrul menerangkan, setelah jamaah haji tiba di Bandara Soetta pada pukul 02.00 WIB, mereka akan dibawa ke Asrama Haji Pondok Gede. ''Diperkirakan sekitar pukul 04.00 WIB mereka tiba di asrama haji."

Kemudian, jamaah haji akan dikumpulkan di gedung yang telah dipersiapkan. Mereka akan diarahkan untuk duduk dan beristirahat sambil menunggu pengambilan koper besar dan air zam-zam. Posisi duduk dan koper-koper besar jamaah haji disusun sesuai rombongan.

Selain itu, dikatakan Dasrul, setibanya jamaah haji di gedung kedatangan, mereka akan diberi makan sambil menunggu pengambilan koper. "Selanjutnya, akan ada pengarahan terkait pengambilan koper dan air zam-zam. Kemudian mereka diarahkan ke parkiran untuk bertemu keluarga mereka masing-masing," ujarnya.

Dasrul menjelaskan, jamaah haji boleh pulang setelah diarahkan ke tempat parkir. Jika ada jamaah haji yang masih menunggu jemputan,UPT Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede menyiapkan kamar untuk mereka beristirahat dan menginap. "Tapi, biasanya jamaah haji ingin buru-buru pulang, jadi sangat sedikit yang akan menginap."

Dasrul menambahkan, aturan penjemputan jamaah haji tahun ini, sama seperti tahun lalu. Para penjemput jamaah haji menunggu di area parkir. Selain itu, lanjut dia, UPT Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede menyiapkan dua unit mobil ambulans. "Sebagai upaya persiapan jika sewaktu-waktu ada jamaah yang harus dirujuk ke Rumah Sakit (RS) Haji," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement