Rabu 06 Sep 2017 19:03 WIB

Kiat Memilih Travel Umrah

Rep: WAHYU SURYANA/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Jamaah Umrah
Foto: Republika/Natalia Endah Hapsari
Ilustrasi Jamaah Umrah

IHRAM.CO.ID, SLEMAN -- Pelaksana Humas Kanwil Kemenag DI Yogyakarta, Bramma Aji Putra mengatakan, bila ada agen perjalanan yang menawarkan biaya umrah di bawah 20 juta saja sudah patut dicurigai. Pasalnya, jika dihitung tiket, penginapan, transportasi, konsumsi dan lain-lain biaya itu cukup tidak masuk akal.

"Sebenarnya, untuk harga eceran terkecil Kabid PHU kita kemarin sudah mengatakan kisarannya 20 juta rupiah, kalau di bawah itu sebenarnya sudah patut dicurigai," kata Bramma di konferensi pers Umrah Hajj & Muslim Tour Expo 2017, Rabu (6/9).

Senada, Ketua Forum Pengusaha Umrah dan Haji Khusus Yogyakarta (Forpuhy), Tanto menjelaskan, untuk pembelian tiket saja mungkin bisa memakan 60-70 persen total biaya umrah. Maka itu, jika satu tiket sekitar 13 juta, ia merasa tidak mungkin bisa biaya umrah 15 apalagi 14 jutaan.

Ia menilai, minimnya pengetahuan masyarakat tentang ini tidak jarang malah membuat banyak orang tergiur harga yang tidak masuk akal itu. Belum lagi, masa tunggu haji di Indonesia yang begitu lama, membuat tidak sedikit orang yang kalap ingin segera ke Tanah Suci dengan berumrah biaya murah.

Bahkan, lanjut Tanto, kasus First Travel rasa-rasanya tidak mempengaruhi tingginya minat umat Islam di Indonesia untuk pergi ke Tanah Suci. Namun, ia mengaku, akibat kasus itu belakangan masyarakat semakin hati-hati dan lebih memilih jika ingin mendaftar umrah.

"Tapi itu baik, masyarakat bisa tanya kode boking, tanggal berangkat, bahkan kalau sesuai peraturan itu harus ada akad," ujar Tanto.

Untuk aspek tiket, Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan Inbound Indonesia (Asphurindo, memiliki cara tersendiri untuk menanggulanginya. Wasekjen Asphurindo, Wawan Setiawan menuturkan, asosisinya memberikan fasilitasi dengan 31 ribu tiket terlebih dulu sebelum jamaah terkumpul.

"Biasanya, tunggu jamaah terkumpul baru pesan tiket, Asphurindo pesan 31 ribu tiket dulu sehingga tanggalnya sudah pasti, dan 31 ribu tiket itu bisa digunakan travel-travel anggota," kata Wawan.

Kementerian Agama sendiri telah memberikan kiat-kiat memilih travel agen umrah dan haji yang baik melalaui Lima Pasti. Lima Pasti terdiri dari pasikan izinnya, pastikan visanya, pastikan jadwal keberangkatan dan tiket, pastikan akomodasi seperti penginapan dan pastikan transportasi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement