Kamis 07 Sep 2017 15:03 WIB

Asrama Haji Surabaya Siapkan Pengukur Suhu Bagi Jamaah

Rep: Antara/ Red: Endro Yuwanto
Keluarga dan kerabat menyambut kedatangan jamaah haji kloter 1 Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (7/9).
Foto: Republika/Prayogi
Keluarga dan kerabat menyambut kedatangan jamaah haji kloter 1 Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (7/9).

IHRAM.CO.ID, SURABAYA -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur menyiapkan alat pengukur suhu (thermo scanner) bagi jamaah haji Debarkasi Surabaya yang tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

"Seluruh jamaah haji yang datang akan menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan dari petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan di Asrama Haji," ujar Kasubbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Markus, Kamis (7/9).

Pemasangan alat pengukur suhu saat ini sudah ditempatkan di Asrama Haji dan pertama kali digunakan saat kepulangan jamaah haji kelompok terbang 1 asal Kediri dan sebagian Surabaya. "Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan para jamaah haji. Kalau alatnya bunyi maka yang bersangkutan kondisinya kurang sehat sehingga harus ditangani tim kesehatan," ucapnya.

Di Asrama haji, kata Markus, jamaah haji yang datang juga akan diperiksa terlebih dahulu kelengkapan dokumennya sebelum diantar ke daerah asalnya masing-masing. Sesuai jadwal terbaru, kloter pertama jamaah haji akan mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo pada Kamis pukul 15.20 WIB dengan menggunakan pesawat nomor penerbangan SV5410.

Sesuai daftar awal dari kloter pertama yang berangkat 27 Juli 2017, kloter 83 Embarkasi Surabaya pada musim haji 2017, total sebanyak 36.640 JCH yang berasal dari tiga wilayah provinsi, yaitu Jawa Timur sebanyak 35.270 orang, Bali 700, orang dan Nusa Tenggara Timur 670 orang.

Jika ditambah petugas, yakni Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) jumlahnya masing-masing 83 orang, serta Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) 249 orang maka jumlah keseluruhan yang berangkat dari Embarkasi Surabaya adalah 37.055 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement