Senin 11 Sep 2017 14:55 WIB

Seorang Jamaah Haji Padang Meninggal Setibanya di Tanah Air

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto
Jamaah haji wafat (ilustrasi).
Foto: Antara/ca
Jamaah haji wafat (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Seorang jamaah haji kloter III debarkasi Padang meninggal dunia setelah tiba di Tanah Air, Ahad (10/9). Berdasarkan laporan tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Padang Dr Dresnita, jamaah perempuan asal Bengkulu bernama Romnah Mad Said (65 tahun) tersebut sempat dirujuk ke RSUP M Djamil Padang begitu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). 

Dresnita menjelaskan, nenek Romnah sempat dirujuk ke RSUP M Djamil Padang pada pukul 09.20 WIB, Ahad (10/9) kemarin. Romnah dirujuk dengan diagnosa DM + Dyspnoe dengan rincian RR atau respiratory rate sebanyak 28 kali per menit, suhu tubuh 36,2 derajat Celcius, dan PO2 88 persen. 

"Saat turun dari pesawat keadaan umum lemah dan sesak. Setelah mendapat perawat di M. Djamil, tadi malam (10/9) sekitar pukul  21.30 WIB Romnah menghembuskan napas terkahirnya di rumah sakit tersebut," ujar Dresnita, Senin (11/9).

Kepala Bidang Urais Binsyar, Plt Kabid PHU H Syamsuir juga membenarkan informasi tersebut. Ia mengungkapkan, saat ia mewakili Kakanwil Kemenag menyambut jamaah haji Kloter III di Bandara international Mingkabau, kemarin, seorang jamaah haji memang dirujuk dengan ambulans ke RSUP M Djamil Padang. 

Sementara jamaah haji lain, lanjutnya, diistirahatkan diruang tunggu bandara sambil menunggu keberangkatan pesawat yang akan membawa jamaah ke Bengkulu.  "Secara keseluruhan kondisi jamaah baik, walaupun ada yang mengalami batuk, flu, dan kelelahan. Ditambah lagi cuaca hujan ketika jamaah turun dari pesawat. Namun dari tangga pesawat jamaah dibawa dengan bus yang telah disediakan debarkasi haji Padang," kata Syamsuir.

Terkait jamaah haji yang meninggal dunia, Syamsuir melanjutkan, jenazah saat ini masih disemayamkan di RSUP M Djamil Padang. Jenazah Romnah Mad Said akan dipulangkan ke Bengkulu bersama jamaah haji Kloter IV (jamaah asal Bengkulu).

"Jamaah Kloter IV ini diperkirakan mendarat di BIM Sore ini, Senin (11/9) pukul  18.25 WIB. Pesawat pertama yang akan terbang ke Bengkulu diperkirakan terbang pukul 23. 15 WIB," kata dia. 

Sebagai informasi, jamaah Haji kloter III (Bengkulu) berangkat ke Tanah Suci berjumlah 390 orang. Satu di antaranya wafat di Tanah Suci (Makkah) atas nama Nurma Waty Syahbudin umur 61 tahun Asal Bengkulu  Tengah. Dua orang di antaranya tanazul (pindah) dari  kloter 17 ke Kloter III. Sementara dua orang lagi menunda kepulangannya, 1 kehilangan paspor dan satu lagi masih dirawat di RS Jeddah. Jumlah jamaah haji Kloter III yang pulang ke Tanah Air sebanyak 389 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement