Selasa 19 Sep 2017 17:08 WIB

Jamaah Haji Medan Wafat Dalam Pesawat Menuju Tanah Air

Rep: Issha Harruma/ Red: Endro Yuwanto
Kedatangan kloter pertama jamaah haji Indonesia embarkasi Medan di Bandara Amir Muhammad Bin Abdulaziz, Madinah, Jumat (28/7).
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Kedatangan kloter pertama jamaah haji Indonesia embarkasi Medan di Bandara Amir Muhammad Bin Abdulaziz, Madinah, Jumat (28/7).

IHRAM.CO.ID, MEDAN -- Seorang jamaah haji dari kelompok terbang (kloter) 12 Debarkasi Medan wafat dalam pesawat Garuda GA 3212 yang membawanya pulang ke Tanah Air. Jamaah tersebut berpulang sekitar tiga jam sebelum mendarat di Bandara Kualanamu, Deli Serdang.

Almarhumah diketahui bernama Hj Komariah Kholifah Harahap (71 tahun), asal Gunungtua, Padang Lawas Utara. Jamaah tersebut meninggal pada Selasa (19/9) pukul 00.16 WIB, sebelum bertemu dengan keluarganya.

"Belum diketahui apa penyakitnya. Berdasarkan informasi yang kami terima, almarhumah sebelumnya sehat saja, namun seusai dari toilet beliau lemas, tiba-tiba tidak ada lagi," kata Wakil Bupati Padang Lawas Utara Rikson Hasibuan, yang menyambut kepulangan jamaah kloter 12, Selasa (19/9).

Pesawat yang membawa jenazah Hj Komariah mendarat di Kualanamu sekitar pukul 03.26 WIB. Setelah tiba, jenazah langsung dibawa ke RS Haji Medan. "Selanjutnya kami bawa ke Padang Lawas Utara," ujar Rikson.

Berdasarkan data yang ada, saat berangkat, terdapat 389 jamaah tergabung dalam kloter 12 embarkasi Medan. Mereka terdiri dari jemaah asal Padan Lawas Utara, Karo, Nias, dan Asahan. Selain itu, ada juga lima petugas haji yang tergabung dalam kelompok ini.

Seorang jamaah dari kloter 12 kemudian wafat saat berada di Tanah Suci. Jamaah bernama H Baginda Panyahatan (53) asal Padangbolak, Padang Lawas Utara, tersebut meninggal di Mekkah, Arab Saudi, pada 8 September 2017.

Jumlah jamaah di kloter 12 lalu menjadi 388 orang. Namun saat kepulangan, ada tambahan dua jamaah yang mutasi dari kloter 19, sehingga jumlahnya menjadi 390 jamaah.

Setelah kepulangan kloter 12, masih ada sepuluh kloter lagi yang akan menyusul pulang ke Tanah Air. Pada musim haji tahun ini, 8.375 jamaah calon haji diberangkatkan melalui embarkasi Medan. Mereka tergabung dalam 22 kloter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement