Rabu 27 Sep 2017 14:50 WIB

Cegah Diare, Jamaah Haji di Madinah Diimbau Jaga Kebersihan

Rep: Hj Ani Nursalikah/ Red: Agus Yulianto
Dapur dan pengemasan katering untuk haji Indonesia di Madinah (Ilustrasi)
Foto: ROL/Ani Nursalikah
Dapur dan pengemasan katering untuk haji Indonesia di Madinah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Kepala Daerah Kerja Madinah Amin Handoyo mengeluarkan imbauan kepada jamaah haji Indonesia agar selalu menjaga kebersihan makanan. Dalam imbauannya, Amin meminta, segenap petugas pengawas  katering sektor selalu memastikan katering yang dibagikan kepada jamaah tidak basi dan layak konsumsi

"Petugas pengawas katering sektor terus mengingatkan kepada jamaah untuk meletakkan makanan pada tempat yang aman dan bersih," katanya, Rabu (27/9).

Kemudian, jamaah harus segera mengonsumsi sesuai ketentuan makanan yang sudah diterima atau dibuka boksnya. Jamaah juga diminta berhati-hati membeli makanan di luar katering perusahaan.

Hal ini terkait dengan puluhan jamaah haji di Madinah yang terkena diare. Sebelumnya pada  Ahad (17/9), sebanyak 23 jamaah haji dari kloter BTH (Batam) 17 mengalami diare.

Selain itu, kasus terbaru adalah 65 jamaah haji Indonesia kloter 55 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 55) juga mengalami diare. Semua jamaah dari dua kloter tersebut kini kondisinya sudah pulih dan bisa kembali beraktivitas.

Amin memastikan, ada banyak faktor yang membuat seseorang bisa terkena diare, selain makanan. Faktor itu antara lain kebersihan lingkungan, kebersihan diri dan pola makan yang tidak tepat.

Tim Katering Daker Madinah sudah melakukan pengecekan makanan. Kesimpulan sementara,  katering layak makan saat didistribusikan ke jamaah, ujar Amin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement