Kamis 28 Sep 2017 20:27 WIB

Haji Asal Gresik Meninggal di Pesawat Saat Perjalanan Pulang

Jamaah haji wafat (ilustrasi).
Foto: Antara/ca
Jamaah haji wafat (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, SURABAYA -- Haji asal Gresik, Jawa Timur, Najikah Ichsan Dahlan, meninggal dunia di atas pesawat dalam perjalanan pulang dari Tanah Suci menuju Tanah Air, Kamis (28/9). Haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 62 Debarkasi Surabaya itu dalam perjalanan pulang bersama pesawat Saudi Arabian Airlines SV 5310 yang terbang dari Madinah menuju Bandara Internasioal Juanda Surabaya di Sidoarjo.

"Selama perjalanan di atas pesawat kondisi kesehatan almarhumah Najikah terus mengalami penurunan," ujar dokter yang mendampingi Kloter 62 Debarkasi Surabaya, dr Mujtahid, kepada wartawan setibanya di Surabaya.

Dia mengisahkan, sekitar sepuluh menit sebelum pesawat mendarat, almarhumah merasakan nyeri di bagian perut dan dadanya. Tak lama kemudian hajah berusia 67 tahun itu menghembuskan nafas terakhir. "Almarhumah Najikah memang memiliki riwayat penyakit penyumbatan pembuluh darah di jantung," ujarnya.

Wakil Sekretaris I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya Sutarno memastikan, jamaah haji yang meninggal akan mendapat asuransi. "Jamaah haji yang meninggal di atas pesawat malah mendapat dua asuransi, yaitu 'ekstracover' dari pihak maskapai penerbangan Saudi Arabia dan asuransi biasa," katanya.

PPIH Debarkasi Surabaya mencatat sampai hari ini sebanyak 64 kloter rombongan jamaah haji, berjumlah 28.134 orang,sudah tiba di tanah air. Dari 64 rombongan kloter jamaah haji yang telah tiba di tanah air itu, Sutarno mengatakan, 129 di antaranya meninggal dunia. "Kebanyakan meninggal di Saudi Arabia, yaitu sebanyak 125 jamaah," katanya.

Tiga orang lainnya, dia menjelaskan, meninggal dunia dalam perjalanan pulang dari Saudi Arabia menuju Tanah Air. "Dari tiga orang yang meninggal dalam perjalanan pulang ini, dua di antaranya meninggal dunia di atas pesawat," ujarnya. Selain itu, Sutarno menambahkan, PPIH Debarkasi Surabaya juga mencatat seorang haji dari kloter 1 hingga 64 meninggal dunia saat telah tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement