Rabu 04 Oct 2017 12:56 WIB

DPR: Penyelenggaraan Haji Semakin Baik

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Esthi Maharani
 Para jamaah haji Indonesia tengah berisitrahat sambil penunggu jadwal kepulangan mereka ke Tanah Air
Foto: dok. Kemenag.go.id
Para jamaah haji Indonesia tengah berisitrahat sambil penunggu jadwal kepulangan mereka ke Tanah Air

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Fase pemulangan jemaah haji ke Indonesia akan berakhir pada Kamis (5/10). Komisi VIII DPR RI menilai penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini semakin membaik. Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong mengatakan perjalanan ke tanah suci pada tahun ini sudah semakin membaik mulai dari persiapan di tanah air hingga kepulangan jemaah.

"Namun, masih ada pekerjaan yang harus di evaluasi dan perlu peningkatan dan perbaikan," ujar Ali kepada Republika, Rabu (4/10).

Adapun yang perlu peningkatan dan perbaikan adalah akomodasi, konsumsi dan kesehatan. Ali menuturkan, rasio tenaga kesehatan dengan jamaah masih jauh dari ideal. Tenaga kesehatan masih harus menangani sekitar lebih 40 jamaah. Untuk tenda arafah, ia menilai masih belum memadai.

"Apalagi dengan bertambahnya jumlah jamaah ke kuota normal yakni 211 ribu jamaah dan ditambah 10 ribu menjadi 221 ribu jamaah. Hal ini membuat jamaah berdesakan," katanya.

Sementara itu berdasarkan data Kementerian Agama, fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah tinggal tiga hari lagi. Kloter 10 Embarkasi Lombok (LOP 10) akan menjadi rombongan terakhir yang diberangkatkan pada Kamis, 5 Oktober 2017.

Rilis data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mencatat bahwa sampai hari ini, Selasa (3/10), total jemaah wafat berjumlah 644 orang. Jumlah ini terdiri dari 10 jemaah wafat di Jeddah, 462 wafat di Makkah, 83 wafat di Madinah, 21 wafat di Arafah, dan 68 jemaah wafat di Mina. Sebanyak 25 orang dari jumlah yang wafat adalah jemaah haji khusus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement