Sabtu 11 Nov 2017 14:24 WIB

Embarkasi Palembang Terbaik Pertama Musim Haji 2017

Rep: Maspril Aries/ Red: Dwi Murdaningsih
Lintasan sa'i yang diresmikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin di komplek embarkasi haji terpadu Palembang, Selasa (8/8).
Foto: Republika/Maspril Aries
Lintasan sa'i yang diresmikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin di komplek embarkasi haji terpadu Palembang, Selasa (8/8).

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG --- Musim ibadah haji telah berakhir. Pascamusim haji 2017 Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) telah mengeluarkan pemeringkatan penilaian terhadap 13 embarkasi dalam penyelenggaraan ibadah haji 1438 H. Embarkasi Palembang menjadi embarkasi terbaik pada musim haji tahun ini.

Berdasarkan penilaian KPHI terhadap penyelenggaraan haji 1438 H dari 13 embarkasi di Indonesia, embarkasi Palembang meraih peringkat pertama yang terbaik di Indonesia dengan total nilai 89,75. Terbaik kedua embarkasi Makssar atau Ujung Pandang dengan nilai 87 kemudian terbaik ketiga adalah embarkasi Pondok Gede Jakarta, kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan (Kakanwil Kemenag Sumsel) M Alfajri Zabidi, Sabtu (11/11).

Selama pelaksanaan musim haji 2017, Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) telah melakukan pengawasan terhadap proses penyelenggaraan ibadah haji di 13 embarkasi haji Indonesia dan memberi penilaian terhadap penyelenggaraan di setiap embarkasi.

Menurut M Alfajri Zabidi yang didampingi Humas Kanwil Kemenag Sumsel Saefudin Latif, ada item yang menjadi penilaian dari KPHI seperti dokumen, sistim informasi haji, transportasi, imigrasi, karantina, akomodasi asrama haji, konsumsi asrama haji, bimbingan ibadah dan pemantapan kloter, pelayanan dan pemeriksaan kesehatan, keamanan dan ketertiban, serta item keistimewaan.

"Hasil ini patut kita syukuri dan harus menjadi momentum untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap calon jamaah pada musim-musim haji mendatang," kata Alfjari Zabidi.

Sementara itu menurut Humas Saefudin Latif, embarkasi haji Palembang yang telah memiliki komplek asrama haji yang dilengkapi mock up pesawat haji, replika Kabah dan lintasan sai, pada musim haji 2016 lalu tidak masuk dalam peringkat terbaik. Alfjari Zabidi secara khusus mnyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin karena telah menyediakan berbagai fasilitas di asrama haji Palembang yang tidak dimiliki embarkasi haji lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement