Jumat 01 Dec 2017 07:27 WIB

Muslim Asia Selatan Antusias Rayakan Maulid degan Berumrah

Jamaah umrah asal India sesampainya di tanah suci.
Foto: sauidgazette.com
Jamaah umrah asal India sesampainya di tanah suci.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH — Peringatan maulid nabi ternyata sangat berarti bagi warga yang tinggal di wilayah Asiaa Selatan, yakni Pakistan, India, dan Bangladesh. Cara merayakannya cukup unik yakni melakukan ramai-ramai melakukan umrah.

Tiket pesawat dari wilayah Asia Selatan atau anak benua India ke Jeddah dan Madinah itu memuncak pada pekan-pekan ini. Apalagi di sana selama ini antusiasme  merayakan maulid ini menjadi perayaan yang tidak kalah populer dengan perayaan Idul Firti dan Idul Adha.

Penerbangan dari sebagian besar kota di Asia Selatan ke Jeddah sekarang sangatlah padat. Ribuan orang antre agar bisa terbang ke Arab Saudi berterpatan dengan hari kelahiran nabi yang jatuh pada 12 Rabiul Awal itu.

Menariknya, meski banyak sekali di antara para peziarah yang tidak bisa sampai ke Madinah sebelum tanggal 12 Rabiul Awwal, mereka ternyata  akan merasa puas bila pada hari-hari ini dapat menghabiskan waktunya untuk beribadah pada kurun beberapa hari tersisa di kota nabi itu.

DI wilayah Asia Selatan, bulan Rabiul Awal adalah waktu yang paling disukai bagi peziarah umrah. Antusiasme ini tak kalah dengan keinginan mereka untuk melakukan umrah pada bulan suci Ramadhan.”Banyak orang telah tiba berkelompok untuk merayakan hari di kota-kota suci tersebut, kata seorang operator tur,’’ ujarnya seperti dilansir saudigazette.com.

Bahkan, karena tingginya permintaan untuk melakukan umrah pada bulan ini, semua maskapai penerbangan besar di wilayah itu menaikkan harga tikertnya yang menuju ke Jeddah. Paket umrah yang apada bulan-bulan rata-rata biasa biayanya mencapai  32.000 rupee India sekarang saat ini naik sangat tinggi hingga hampir dua kali lipatnya, yakni mencapai di atas 55.000 rupee.

"Ada peziarah yang bersedia menanggung dua kali lipat biaya untuk paket umrah ketika  menjelang tanggal 12 Rabiul Awwal," kata Mohammed Masrat dari Al-Quba Travel di Hyderabad, India.

"Kami biasanya menagih 65.000 rupee Pakistan untuk paket Umrah dari Lahore. Namun karena harga banyak orang yang ingin melakuka umrah, maka ada saat ini harga paket umrahnya menjadi melonjak menjadi 85.000 rupee," kata Irfan Malik dari Bukhari Travels, agen perjalanan terkemuka di Lahore..

Para pengelola penerbangan umrah di Bangladesh juga mengakui adanya peningkatan jumlah jamaah umrah menjelang peringatan Maulid Nabi itu."Memang ada peningkatan lalu lintas Umrah yang ditandai sejak awal bulan ini," kata Ali Osman, manajer Biman Bangladesh Airlines.

sumber : saudi gazette
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement