Senin 11 Dec 2017 07:55 WIB

9 Miliar Riyal, Infrastruktur Air Wilayah Makkah Diperluas

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agus Yulianto
Emir Makkah, Pangeran Khaled Al-Faisal
Foto: Saudigazette.com
Emir Makkah, Pangeran Khaled Al-Faisal

IHRAM.CO.ID,  JEDDAH -- Infrastruktur air di wilayah Makkah akan diperluas. Saline Water Conversion Corporation (SWCC) telah menandatangani beberapa kontrak yang bertujuan untuk meningkatkan pasokan air ke beberapa kegubernuran di Wilayah Makkah dan menjamin pasokan ke daerah-daerah tanpa air.

Dilansir dari Arab News, Senin (11/12), proyek tersebut menelan biaya lebih dari 9 miliar Saudi Riyal. Proyek-proyek tersebut meliputi pembangunan pabrik desalinasi di Jeddah (fase 4). Di samping, pembangunan 'reverse osmosis (RO) di Shoaiba, alih teknologi dan pembelian air yang dihasilkan melalui pembentukan pabrik multi-desalinasi pada pembangkit listrik dan desalinasi Shoaiba, serta sistem transfer air Shoaiba Mina (B).

Selanjutnya, tahap kedua pembangunan ialah di Taif. Proyek itu meliputi pembangunan dan suplai pipa pemindah air dari Arafat ke Taif, pelaksanaan stasiun pemompaan dan perpanjangan jaringan pipa pada sistem penyaluran air dari Arafat ke Taif.

Proyek-proyek ini juga mencakup pembuatan dan penyediaan sistem penyaluran air Rabigh-Jeddah-Makkah, pelaksanaan stasiun pemompaan, perpanjangan jaringan pipa sistem penyaluran air Rabigh-Jeddah-Makkah, dan pelaksanaan sistem stasiun pemompaan dari Taif-Turubah-Ranyah-Al-Khurma.

Selama kunjungan tahunan Gubernur Makkah, Pangeran Khaled Al-Faisal, ke berbagai wilayah, warga dilaporkan telah meminta pihak berwenang untuk memastikan pasokan air yang memadai ke daerah mereka. Mereka juga menuntut pendirian kampus di berbagai universitas dan penyediaan listrik serta fasilitas umum lainnya ke beberapa desa. Gubernur Makkah secara aktif mengejar kemajuan proyek-proyek tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement