Kamis 21 Dec 2017 20:11 WIB

Mengenal Masjid Quba, Masjid yang Didirikan Atas Dasar Takwa

Ustaz Muhammad Arifin llham di depan Masjid Quba, Madinah.
Foto: Dok Azzikra
Ustaz Muhammad Arifin llham di depan Masjid Quba, Madinah.

IHRAM.CO.ID, MADINAH – Salah satu tempat yang dikunjungi oleh jamaah haji dan umrah adalah Masjid Quba.  “Subhanallah, Masjid Quba adalah sebuah masjid yang terletak di tepi Kota Madinah, tepatnya 3 km di arah selatan Masjid Nabawi,” kata Pimpinan Majelis Az-Zikra, Ustaz Muhammad Arifin Ilham melalui pesan instan kepada Republika.co.id, langsung dari Madinah, Kamis (21/12).

Ia  menambahkan. Masjid Quba dulunya berdiri di atas kebun kurma dengan luas 1.200 meter persegi. “Setelah direnovasi, luasnya sekitar 5.860 meter persegi dan dapat menampung 20 ribu jamaah,” ujar Arifin yang berangkat umrah bersama ketiga istri dan anak-anaknya, Rabu (20/12).

Ia menjelaskan, Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW. Allah SWT menyebutnya sebagai masjid yang didirikan atas dasar takwa.

Hal itu seperti ditegaskan oleh Allah SWT, "Sungguh, masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan shalat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang suka membersihkan diri, dan Allah menyukai orang-orang yang membersihkan diri." (QS At-Taubah: 8).

Arifin menyebutkan, pahala shalat di Masjid Quba, luar biasa. Ia lalu mengutip hadits Rasulullah SAW, “Barang siapa yang telah bersuci (berwudhu di rumahnya),  kemudian mendatangi Masjid Quba lalu shalat di dalamnya dua rakaat, maka baginya sama dengan pahala umrah." (Sunan ibn Majah, no 1412).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement