Sabtu 27 Jan 2018 10:23 WIB

Ketika Makanan Timur Tengah Begitu Digemari di India

Sepanjang sejarah Muslim India telah melakukan ziarah ke Mekah untuk ibadah haji .

Baklava, Ma’amoul  dan Sarang Burung disajikan bersama 'green coffee' di  Kunafa Market.
Foto: hindusan times
Baklava, Ma’amoul dan Sarang Burung disajikan bersama 'green coffee' di Kunafa Market.

IHRAM.CO.ID, Meski  terasa kurang pedas, ternyata salah satu masakan Timur Tengah, seperti  Ma’amoul (kue kerig) dan kopi hijau, mampu terkenal di wilayah lain. seperti halnya di India.  Makanan ini ternyata bisa melalui hambatan bahasa dan kebangsaan.

Lalu siapa pihal pengenalnya? ternyata mereka adalah para pengungsi dan orang-orang dari negara-negara Timur Tengah ysng telah bermigrasi ke India sejak tahun 1980. Bahkan kini jumlah tersebut meningkat karena perang Afghanistan dan perang ISIS, dalam beberapa tahun terakhir. Menurut sebuah laporan Hndustan Times  tahun lalu, ada sekitar 24.000 pengungsi dan 9.000 pencari suaka dari negara-negara Timur Tengah seperti Suriah, Afghanistan, Iran dan Irak di India.

Apa yang membuat negara tujuan mereka? Jawaban singkatnya diantaranya adakah Skarea adalah budaya yang sama misalnya rasa cinta untuk Bollywood, dan persatuan adabya India dalam keragaman. Apalagi sudah ada hubungan kuno antara India dan Timur Tengah. Nenek moyang mereka biasa berdagang dengan orang Indian.

photo
Naser Barakat, pengusaha kue asal Timur Tengah.

“Selain itu, sepanjang sejarah, umat Muslim India telah melakukan ziarah ke Mekah untuk ibadah haji tahunan, "kata Naser Barakat, 48 tahun, seorang pengusaha pemilik kue dan kue kering Kunafa. Naser berasal dari  Timur Tengah datang ke India untuk belajar di tahun 1990.

Naser datang ke India saat dia berusia 17 tahun untuk belajar di Universitas Lucknow. "Pada tahun 80-an dan 90-an, Palestina dan mahasiswa Timur Tengah lainnya akan datang ke India untuk belajar. Maka sambungannya selalu kuat, "katanya.

Bagi pengungsi, menetap di Delhi berarti menyesuaikan diri dengan budayanya serta  pilihan kulinernya. "Sulit menyesuaikan diri dengan makanan India karena pedas dan berminyak. Padahal masakan Timur Tengah dan Mediterania itu organik dan kurang pedas, "kata Naser.

Namun tantangan itu kemudan terbukti menjadi berkah tersembunyi. Pengungsi mulai memasak makanan dengan cara mereka. Dan seiring berlalunya waktu, selera masakan Timur Tengah menyebar ke seluruh komunitas. Dan imbasn hasilnya luar biasa, kini di Delhi sedang booming berbagai restoran dan makan yang dikelola oleh pengungsi Timur Tengah dan para imigran.

"Ada permintaan besar dari pelanggan saya bahwa harus memperluas jenis saya," kata Naser yang mengaku Delhi adalah rumah keduanya. "Begitu Anda terbiasa ke Delhi, Anda tidak bisa mendapatkan cukup dari itu. Saya membuka restorn makan saya di tahun 2012 dan saya mendapat respons yang bagus untuk itu, "katanya.

Banyak diantara anda mungkin tahu tentang kue tahu makanan shawarma atau gabungan Al-Bake, sebuah restoran  yang terkenal di New Friends Colony. Ini dimiliki oleh Mirza Saqib yang berusia 42 tahun dan ayahnya yang berusia 65 tahun, Mirza Beg. Mereka berasal dari Uttar Pradesh dan membuka toko tersebut pada tahun 1988.

Meski begitu pengaruhnya adalah berasal Timur Tengah. "Nenek moyang saya berasal dari Lebanon. Alasan mengapa kami memulai restoran makan kami adalah karena kami ingin orang-orang mencicipi masakan kami. Makanan adalah sumbu pengikat  umum yang menyatukan berbagai orang. Selama bertahun-tahun, pengungsi di ini sekarang menyebut Delhi sebagai rumah mereka. Dan itu semua berkat makanannya, "kata Saqib.

photo
Al-Bake di New Friends Colony adalah  populer dimakan bersama shawarmas.

Decoding masakan Timur Tengah

Zarmig Halladjian, koki selebriti Lebano yang mengadakan tengah promosi makanan di Pullman New Delhi Aerocity Hotel. Ia merancang masakan melampaui roti pita dan roti falafel.

"Ini tentang hidangan yang baru disiapkan yang diatapi sayuran segar, keju, daging dan minuman tradisional seperti serbat, makanan penutup seperti baklawa dan minuman seperti qahwa. Dan ini membuatnya berbeda dari semua masakan lainnya. Kami menggunakan sedikit minyak dan hanya ada sedikit rempah-rempah. Hidangan manis panggang seperti basbousa dan hidangan vegetarian sederhana namun flavourful seperti koussa fattoush (zucchini panggang) pasti menarik semua selera, "katanya.

photo
Zarmig Halladjian adalah koki selebriti Lebanon Armenia yang baru-baru ini mengunjungi Delhi,India.

Akibatnya, masakannya bukan hanya rasa orang Arab tapi juga campuran rasa dari Syria, Iran, Irak, Lebanon dan Turki.

Dengan bantuan Chef Zarmig, kami telah menyusun daftar istilah kuliner Timur Tengah yang terkenal di India:

1) Meze: Cara tradisional untuk memulai makan. Biasanya koleksi hidangan kecil disajikan bersama untuk membantu memulai makan. Biasanya termasuk keju halloumi, mutabbal / babaghanoush dan kibbe nayye - burghul

2) Murag: Rebusan daging Irak yang dibumbui oleh baharat (campuran bumbu yang populer).

3) Shorbat Adas: Sesua jenis minyak yang dimasak dalam kaldu

4) Samak bi Tahini: Ikan dengan pasta biji wijen; dan Sayadieh: Ikan dengan nasi dan bawang karamel

5) Mansaf: Domba dimasak di atas lapisan roti lapis dan nasi dalam yoghurt yang difermentasi

6) Al Lugaimat: Bola adonan manis dan Oman Khabeesa: kheer berbasis Semolina adalah makanan penutup yang populer.

sumber : hindsstan times
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement