Kamis 01 Feb 2018 05:23 WIB

Masjid Bersejarah Jawatha di Timur Saudi Diperbaiki

Masjid ini dibangun pada tahun ketujuh hijriyah oleh suku Bani Abd al-Qay.

Masjid Jawatha.
Foto: al arabiya
Masjid Jawatha.

IHRAM.CO.ID, AHSA -- Komisi Pariwisata dan Warisan Dunia Arab Saudi memperbaiki Masjid Jawatha yang merupakan masjid bersejarah yang terletak di Ahsa, bagian timur Arab Saudi. Pemerintah setempat berusaha memulihkan masjid setelah tertutupi pasir.

Dilansir dari Al Arabiya, Rabu (31/1), masjid Jawatha merupakan tempat shalat Jumat kedua dalam Islam diadakan. Masjid ini telah diperbaiki beberapa kali, karena pasir terus menerus menutupinya.

Masjid, yang dibangun pada tahun ketujuh hijriyah oleh suku Bani Abd al-Qays, ini telah menarik perhatian para peneliti dan umat Islam karena maknanya sebagai masjid di mana shalat Jum'at yang kedua diadakan. Masjid ini telah menjadi situs wisata utama yang berkontribusi terhadap identitas Ahsa.

Pekerjaan restorasi baru-baru ini memperbaiki empat menara, yang merupakan salah satu fondasi lama masjid. Semua pekerjaan perbaikan itu didasarkan pada pondasi dasar masjid yang terbuat dari tanah liat. Masjid tersebut juga sepenuhnya diterangi dan dilengkapi perabotan.

Khaled al-Farida, kepala otoritas di Ahsa, mengatakan bahwa masjid tersebut diperbaiki beberapa kali. Ia menambahkan, bahwa pekerjaan restorasi yang paling penting dilakukan pada 1210 hijriyah.

Dia menambahkan, untuk pertama kalinya otoritas pariwisata memperbaikinya pada 1400 hijriah. Gubernur provinsi timur Saud bin Nayef secara resmi meresmikan masjid tersebut setelah otoritas menyelesaikan pekerjaannya. (Kiki Sakinah)

sumber : Al Arabiya.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement