Kamis 01 Mar 2018 14:32 WIB

KBIH Miftahussalam Mulai Laksanakan Manasik Haji 1439 H

Praktik manasik haji dibantu dengan memanfaatkan replika Kabah ukuran sebenarnya.

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto
Peresmian manasik haji KBIH Miftahussalam Palembang oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Selatan Alfajri Zabidi (ketiga dari kiri) bertempat di Masjid Nur Hidayah.
Foto: Republika/Maspril Aries
Peresmian manasik haji KBIH Miftahussalam Palembang oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Selatan Alfajri Zabidi (ketiga dari kiri) bertempat di Masjid Nur Hidayah.

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG – Lima bulan menjelang musim haji 1439 H, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Mitahussalam mulai melaksanakan manasik haji bagi calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini. “Manasik bagi calon jamaah haji dari KBIH Miftahussalam sudah dimulai. Manasik perdana dibuka langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Selatan Alfajri Zabidi bertempat di Nur Hidayah, Jalan Demang Lebardaun,” kata Pimpinan KBIH Miftahussalam Ferry Munandar, Kamis (1/3).

Menurut Ferry Munandar, peserta manasik haji calon jamaah haji yang tergabung di KBIH Miftahussalam untuk 1439 H berjumlah 220 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding musim haji 1438 H. “Tahun lalu jumlah calon jamaah haji yang diberangkatkan KBIH Miftahussalam berjumlah 126 orang. Kami tergabung dalam kloter 15 dari embarkasi Palembang tergabung maktab 52 di Jarwal,” ujarnya.

Jumlah calon jamaah haji dari KBIH Miftahussalam, menurut Ferry Munandar, masih bisa bertambah, karena masih membuka pendaftaran bagi calon jamaah haji yang ingin bergabung. Untuk bimbingan manasik bagi calon jamaah haji di Miftahussalam diisi dan dibimbing oleh ustaz dengan pembina Sulbahri Madjir guru besar Universitas Tridinanti Palembang.

“Selain manasik haji dalam bentuk ceramah dan dialog, juga akan ada praktik manasik haji yang akan dilaksanakan di kompleks asrama haji Sumtera Selatan. Calon jamaah akan mempraktikan tawaf, sai, dan melontar jumrah dengan memanfaatkan replika Kabah, lintasan sai dengan ukuran sebenarnya. Juga dilatih menggunakan fasilitas pesawat seperti menggunakan toilet di pesawat,” kata Ferry Munandar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement