Jumat 06 Apr 2018 16:00 WIB

Jamaah Calon Haji Palembang Mulai Lunasi BPIH

Pelunasan tahap pertama dibuka sejak 3 hingga 20 April 2018.

Pelunasan Biaya haji. (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pelunasan Biaya haji. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG -- Jamaah calon haji di Palembang, Sumatra Selatan mulai melakukan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji. Mereka memanfaatkan kesempatan pelunasan tahap pertama yang dibuka sejak 3 hingga 20 April 2018.

Pantauan di sejumlah bank syariah di Palembang, Jumat (6/4), sejumlah jamaah calon haji antre menuju loket/meja pelayanan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) meskipun belum terlalu ramai. Di salah satu bank penerima setoran BPIH, Bank BRI Syariah Cabang Palembang, terlihat beberapa jamaah calon haji menunggu giliran dipanggil petugas loket pelayanan pelunasan BPIH.

Salah seorang jamaah calon haji Yusmini saat antrean di bank tersebut mengatakan dirinya berupaya memanfaatkan kesempatan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji tahap pertama yang ditutup pada 20 April 2018 untuk menghindari antrean panjang.

"Berdasarkan pengalaman temah-teman yang sudah berangkat haji, melakukan pelunasan pada saat mendekati hari terakhir ramai sehingga membutuhkan waktu beberapa jam hanya untuk giliran ke loket pelayanan penyetoran BPIH," ujarnya.

Menurut dia, jamaah calon haji yang ditetapkan Kanwil Kementerian Agama Sumsel berangkat pada tahun ini jika telah memiliki uang lebih baik memanfaatkan kesempatan pertama menyetor sisa BPIH.

Untuk mendapatkan porsi keberangkatan haji pada tahun ini dirinya menunggu sekitar tujuh tahun dengan membayar setoran awal Rp 25 juta. "Secara keseluruhan BPIH yang harus dibayarkan sekitar Rp 35 juta per orang atau tinggal menambah Rp 10 juta lagi pada masa pelunasan sekarang ini, katanya.

Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Selatan H.M Alfajri Zabidi mengimbau jamaah calon haji yang ditetapkan berangkat pada 2018 agar segera melunasi sisa setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Masa pelunasan BPIH tahun ini dijadwalkan dua tahap, yakni tahap I pada 3-20 April 2018 dan tahap II dijadwalkan pelayanan pelunasan BPIH di kantor-kantor bank yang ditunjuk pada 6-18 Mei 2018.

Jatah pemberangkatan jamaah calon haji Sumsel pada 2018 lebih dari 5.000 orang. Setelah pelayanan pelunasan BPIH berakhir pada 18 Mei, Kemenag mulai memfokuskan persiapan tahapan pemberangkatan jamaah asal menuju Arab Saudi yang dijadwalkan kelompok terbang pertamanya pada Agustus.

Pemberangkatan jamaah calon haji asal Sumsel ke Tanah Suci Makkah melalui Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang bersama jamaah dari Bangka Belitung. Pemberangkatan calon jamaah haji asal Sumsel dan Bangka Belitung melalui embarkasi Palembang rencananya dibagi dalam 13 kelompok terbang (kloter).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement