Senin 09 Apr 2018 18:19 WIB

Jamaah Calon Haji India Diminta Rutin Latihan Jalan

Ibadah haji bukan hal yang mudah dilakukan, apalagi untuk jamaah lanjut usia.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agus Yulianto
Calon haji India
Foto: hajhouse.com
Calon haji India

IHRAM.CO.ID, TELANGANA -- Jamaah calob haji India diminta berlatih meningkatkan ketahanan tubuh dengan rutin berjalan-jalan. Hal ini disampaikan dalam orientasi di camp pelatihan calon jamaah haji yang digelar di Balanagar, Telangana, Ahad (8/4).

India menggelar orientasi haji setiap pekan. Kali ini merupakan yang kelima digelar. Kepala Komite Haji Telangana Mohammed Masiullah Khan menyarankan calon jamaah untuk menjaga kesehatannya sejak saat ini.

"Sering-seringlah latihan berjalan-jalan," kata dia. Ibadah haji bukan hal yang mudah dilakukan, apalagi untuk jamaah lanjut usia. Perlu keseimbangan antara kesiapan mental, spiritual, dan fisik.

Dilansir The Hans India, Masiullah menyampaikan, komite juga sudah memilih petugas haji atau khadimul hujjah. Mereka akan memandu dan membantu segala keperluan para jamaah selama di Arab Saudi.

Meski demikian, Petugas Eksekutif Komite Haji SA Shukoor menyampaikan, jamaah diharapkan bisa mandiri. Ia menjelaskan terkait prosedur dan regulasi tentang perjalanan haji, khususnya akomodasi.

Menurut dia, pengundian untuk akomodasi gratis di Rubath di Makkah akan dilakukan pada Selasa. Total ada 1.286 jamaah yang akan dipilih. Pelatihan setiap pekan ini juga memberi informasi tentang ritual haji dan umrah, kunjungan ke Madinah, hingga pengurusan logistik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement