Selasa 10 Apr 2018 15:52 WIB

Kemenag Siap Bangun Embarkasi Haji di Yogyakarta

Minimal luas tanah yang dibutuhkan untuk embarkasi haji 1,5 hektare.

Rep: neni ridarineni/ Red: Ani Nursalikah
Calon jamaah haji di embarkasi.
Foto: Yasin Habibi/Republika
Calon jamaah haji di embarkasi.

IHRAM.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kepala Kanwil Kementerian Agama Yogyakarta Muhammad Lutfi  mengatakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada dasarnya menyetujui rencana pembangunan embarkasi haji di Yogyakarta jika Pemda menyediakan tanah minimal 1,5 hektare.

"Kalau Pemda DIY menyediakan tanah seluas 1,5 hektare maka dari Kementerian Agama pusat siap membiayai pembangunan embarkasi dengan anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan nilai berapa pun kebutuhannya," katanya pada wartawan usai beraudiensi dengan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan Yogyakarta, Selasa (10/4).

Lutfi mengatakan pembangunan embarkasi bukan persoalan zonasi. "Yang penting memberikan akses pelayanan yang paling cepat dan dan memuaskan,"ujarnya.

Jarak antara embarkasi ke bandara udara maksimal satu jam. Sekarang dari Yogyakarta ke embarkasi Donohudan Boyolali sudah 1,5 jam, itu pun dengan pengawalan polisi. Embarkasi haji di Yogyakarta sangat membantu tidak hanya bagi jamaah haji Yogyakarta, juga dari Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement