Senin 23 Apr 2018 17:04 WIB

Kemenkes Oman Desak Calon Jamaah Ambil 2 Vaksin

Konsumsi vaksin tersebut sebagai prasyarat untuk melakukan haji

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Agus Yulianto
Vaksin meningitis (Ilustrasi)
Foto: Dailymail
Vaksin meningitis (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MUSCAT -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oman mendesak semua warga yang berniat beribadah haji 2018, untuk divaksinasi. Ada dua jenis vaksin yang diperlukan sebelum mereka bertolak ke Arab Saudi. Vaksinasi ini pun sesuai dengan instruksi dari pihak yang berwenang.

 

Dilansir di Muscat Daily, Kemenkes Oman meminta warga yang terpilih oleh Kementerian Wakaf dan Urusan Agama segera berkomunikasi dengan pusat kesehatan terdekat. Kemudian, pusat kesehatan akan memberi dua vaksin, yakni meningitis meningokokus dan influenza musiman.

 

Kemenkes Oman menjelaskan, vaksinasi quadric terhadap meningokokus meningitis (ACWY 135) memberikan kekebalan selama tiga tahun. Dengan demikian, calon jamaah haji diimunisasi dengan vaksin untuk jangka waktu lama.

 

Sementara vaksin influenza musiman memberikan kekebalan terhadap penyakit influenza musiman. Biasanya, vaksin tersebut diberikan setiap tahun.

 

Kemenkes Oman mendorong semua jamaah mengambil vaksinasi sebelum waktu keberangkatan atau jangka waktu tidak kurang dari 10 hari. Sebab, konsumsi vaksin tersebut sebagai prasyarat untuk melakukan haji, sesuai dengan instruksi dari pihak yang berwenang.

 

Kemenkes Oman meminta semua calon jamaah haji mematuhi petunjuk tersebut. Tujuannya, mencegah penularan penyakit dan menjaga kesehatan masyarakat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement