Kamis 28 Jun 2018 21:48 WIB

Tahun Ini, Sebanyak 1.708 Calhaj Depok Siap Berangkat Haji

Semua calhaj sudah siap melakukan tahapan pelunasan dan pengumpulan berkas.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Jamaah calon haji (calhaj) Indonesia (ilustrasi).
Foto: Republika/Mursalin Yasland
Jamaah calon haji (calhaj) Indonesia (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, DEPOK -- Sebanyak 1.708 jamaah calon haji (calhaj) asal Depok siap berangkat haji pada 2018 ini. Dari kuota yang telah ditentukan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kantor Kemenag Provinsi Jawa Barat (Jabar), semua calhaj sudah siap melakukan tahapan pelunasan dan pengumpulan berkas keberangkatan haji.

"Seluruh calhaj yang terdaftar dan berangkat tahun ini akan langsung memenuhi persyaratan selanjutnya," ujar Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, Asnawi di Depok, Kamis (28/6).

Menurut Asnawi, sebanyak 1.708 calhaj tersebut mengumpulkan dan menyetor lembar merah ke Kantor Kemenag Provinsi Jabar. Selanjutnya, mereka melakukan pembuatan paspor yang dilakukan secara kolektif. Kemudian, para calhaj melaksanakan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

"Kami bekerjasama dengan Dinkes Depok dalam pemeriksaan kesehatan calhaj Depok. Sudah dilakukan dan alhamdulillah seluruhnya memenuhi syarat kesehatan," tuturnya.

Asnawi menambahkan, selain melakukan pelengkapan berkas tersebut, seluruh calhaj juga melakukan proses bimbingan manasik haji. Hal itu dilakukan sebagai arahan dan bimbingan bagi calhaj yang melaksanakan seluruh rukun haji.

"Kami berpesan kepada ribuan calhaj untuk terus menjaga kesehatan dan memaksimalkan ibadah selama berada di Makkah dan Madinah. Dengan begitu, nantinya setelah mereka kembali dari Tanah Suci dapat menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement